2 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Mengakses Internet

Madurace.com - Tidak semua dan selamanya sebuah aplikasi yang berhubungan dengan data internet performanya berjalan baik. Terkadang dengan seiringnya waktu dan seringnya aplikasi yang digunakan, membuat kinerja atau performance perangkat mengalami kemunduran yang tidak disadari oleh para penggunanya. Hal itu tidak lepas karena pengguna lebih sibuk dan lebih fokus bermain didalam aplikasi dibandingkan memikirkan kondisi ponsel.

Sehingga secara lambat laun namun pasti berakibat fatal terhadap apa yang ada didalamnya. Baik itu terhadap multitasking smartphone itu sendiri maupun terhadap aplikasi.

Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang yang  berhubungan dengan kinerja ponsel, karena jauh hari sebelum artikel ini di buat saya pernah membahasnya didalam blog ini juga. Kalau tidak salah, mungkin saya mempublishsnya sekitar setahun yang silam, atau lebih dari itu. Jadi, inti dari artikel ini pembahasannya lebih dekat ke objek kinerja aplikasi bukan ke perangkat.

Kenapa aplikasi? Karena aplikasi jika cuma digunakan secara terus menerus tanpa ada pengawasan, nanti secara perlahan-lahan juga mempunyai masalah yang hampir sama dengan perangkat. Sehingga kinerja aplikasi yang seharusnya berjalan dengan lancar malah setelah di operasikan justru tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagai contoh misalnya ketika aplikasi dibuka tidak bisa mengakses internet.

Sudah terlalu sering saya mengalami kejadian-kejadian seperti ini di beberapa ponsel milik teman. Dimana ketika saya ingin membuka aplikasi-aplikasi yang ada hubungannya dengan data seluler (internet), seperti aplikasi YouTube, Facebook Opera Mini, UC Browser dan lain sebagainya malah tidak bisa mengaksesnya.

Awalnya saya mengira kejadian seperti itu murni karena kuota internetnya sudah habis. Akan tetapi setelah saya buka aplikasi yang juga ada hubungannya dengan internet, misalnya melalui browser Chrome milik Google, eh malah ternyata bisa.

Kemudian saya buka lagi aplikasi yang sama yang tidak bisa mengakses internet itu, tapi setelah ditungguin tetap saja aplikasi yang bersangkutan mengalami nasib serupa seperti sebelumnya.

Usut punya usut akhirnya saya memutuskan untuk mencarikan dan memperbaiki celahnya. Karena bagaimanapun juga hal semacam ini sebenarnya sudah pernah dialami salah satu aplikasi yang ada didalam ponsel milik saya sendiri. Sehingga saya sendiri sudah tahu penyebabnya dan letak permasalahannya dimana. Dan alhamdulillah setelah saya melakukan perbaikan dengan penerapan yang sama seperti yang saya lakukan di ponsel saya kala itu, akhirnya dalam hitungan menit (gak nyampek semenit) aplikasi bisa normal kembali mengakses internet tanpa ada cacat sedikitpun.

# Berikut 2 Cara untuk mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa mengakses internet!

• Cara Pertama:
Jika di ponsel android kalian mengalami hal serupa dengan yang saya sebutkan di atas, (maksudnya salah satu aplikasi yang ada di hp kalian ketika dibuka tidak bisa membuka internet). Maka yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah meng-clear data aplikasi atau hapus data aplikasi. Kemudian setelah itu silahkan *Reboot/Restart ulang hp agan. Selesai!!!!!.

Jika cara diatas tidak berhasil, kalian bisa mencobanya dengan kedua (pemungkas).

• Cara Kedua:

1). Pertama buka Pengaturan/Setting Telpon
2). Kemudian Jaringan Lainnya / Jaringan Seluler
3). Lalu pilih APN atau Nama Point Akses
4). Kemudian pindah APN-nya.
Misalnya kalau sekarang kalian berada di APN nomor satu, maka pindah ke APN nomor 2 yang ada dibawahnya itu.
Kalau tidak berhasil juga, Silahkan pindah lagi APN-nya ke nomor satu lagi. Begitu seterusnya... Hingga aplikasi yang bersangkutan berhasil mengakses internet.

Tapi pengalaman pribadi, hanya memindahkan satu kali saja sudah berhasil.

5). Selesai...!!!

Penulis:
Rahmat Darmawan

Bagikan jika bermanfaat