Cara Membatasi Kuota Internet Ketika Kita Membagikan Jaringan WIFI Ke Orang Lain

Madurace.com - Berbagi koneksi data seluler melalui perangkat yang satu ke perangkat yang lain memang sudah tidak asing lagi bagi para Nettizen masa kini. Entah itu dengan cara melalui perangkat ponsel ke  ponsel, dari ponsel ke Laptop atau sebaliknya.

Saya yakin diantara pengguna kemungkinan besar kebanyakan sudah pernah menshare atau membagi jaringan internet yang ada di ponselnya ke orang lain melalui fitur Hotspot Wi-Fi Portable ini. Atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Wifi.

Karena hampir diseluruh ponsel pintar yang beredar dipasaran dari berbagai platform dan merk sudah dilengkapi fitur yang satu ini. Sehingga dengan adanya fitur Wi-Fi tersebut sangat membantu para pengguna yang kebetulan tidak mempunyai kuota internet.

Atau karena  pada waktu-waktu tertentu kuota yang dimilikinya tiba-tiba sudah habis secara mendadak tanpa disadari sebelumnya. Sehingga mau tidak mau dengan alasan yang mendesak agar tetap berselancar didunia daring, ia meminta bantuan orang lain atau orang-orang yang ada disekitarnya untuk mengaktifkan / menyambungkan jaringan Wi-Finya ke perangkat yang ia miliki.

Namun terkadang orang yang meminta bantuan data internet kepada kita melalui jaringan Wi-Fi tersebut tidak sesuai dengan permintaan yang ia katakan sebelumnya. Ia bilangnya Cuma mau membalas chat atau pesan saja, eh gak tahunya ia malah khusuk nonton video. Saking asyiknya nonton ia lupa (pura-pura lupa atau gimana saya tidak tahu) kalau data internet yang ia gunakan sebenarnya adalah milik orang lain.

Sedangkan kita sendiri yang mau menon-aktifkan atau ingin mematikan jaringan Wi-Finya merasa tidak enak sama orang yang bersangkutan. Apalagi ia adalah orang yang kita kenal bahkan teman kita sendiri.

Mau dimatikan secara sembunyi-sembunyi sudah pasti ketahuan. Mau di biarin hati gak ikhlas karena kuota yang kita punya sudah hampir mendekati jalur lampu merah alias minim. Jadi mau tidak mau jalan terakhir yang kita tempuh adalah membiarkannya sampai kuota sama-sama habis. Muehehheh,…

Tidak ada solusi lain ya gan selain dari cara itu? Misalnya kita atur sendiri berapa kuota yang ingin diberikan ke orang lain tanpa diketahui kalau kita yang menentukannya! Sehingga nantinya setelah penggunaan data sudah sampai ke batas yang sudah di tentukan, orang yang bersangkutan tidak bisa lagi mengakses internet menggunakan kuota yang kita miliki.

Sebenarnya ada sih, Cuma saya rasa tidak semua HP ada pengaturan semacam ini. Tapi tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu saja di ponsel kalian juga ada pengaturan batas pembagian kuota seperti yang ada di ponsel VIVO yang saya gunakan.

Berikut caranya!
(Dalam Praktek ini saya menggunakan HP Android Merk VIVO)

1). Pertama buka Setting/Pengaturan

2). Kemudian pilih Hostpot Pribadi

3). Lalu pilih Batas pembagian satu waktu

4). Selanjutnya yang terakhir silahkan pilih berapa kuota yang ingin dibagikan ke orang lain melalui jaringan Wi-Fi HP agan. Dalam contoh ini saya memilih yang 20 Mb saja (Maklum saya orangnya pelit gan, muehehhe.

Jika kalian merasa lebih pelit dari saya, dan kalian ingin membagikan kuotanya dibawah 20 Mb, kalian bisa memilihnya sesuka hati di menu Khusus.

5). Selesai,,,,

Semoga Bermanfaat!

Akhir tulisan untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan jika bermanfaat