Cara Memblokir Jaringan Internet Di Aplikasi Android Agar Orang Lain Tidak Bisa Mengaksesnya

Madurace.com - Mungkin kebanyakan teman-teman ketika membaca judul artikel yang sedang saya ketik ini ada yang merasa kebingungan tujuan dari memblokir data internet di hp Android itu maksudnya gimana?! Bahkan kemungkinan besar ada yang berpikir jika data seluler/internet itu di blokir atau dimatikan, maka hal tersebut sudah tentu kita tidak bisa mengakses internet melalui hp Android yang kita miliki. Entah itu melalui aplikasi maupun dari Browser.


Karena secara default, jika data seluler yang berjalan di perangkat-perangkat tertentu tersebut di turn off datanya (dimatikan data selulernya), baik itu yang berjalan di perangkat mobile, tablet, maupun di PC/ Laptop, maka seluruh komponen atau system yang berhubungan dengan internet tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun yang saya bahas dalam artikel ini bukanlah anggapan seperti itu. Yang saya maksud disini adalah memblokir data internet yang statusnya masih aktif (on) agar tidak mengakses (masuk) ke aplikasi-aplikasi yang sifatnya offline. Sehingga ketika aplikasi yang bersangkutan dibuka maupun tidak dibuka, meskipun data seluler dalam keadaan aktif atau on, maka data seluler itu tadi seolah-olah tidak aktif.

Jika data selulernya sudah diblokir, tentu dapat mengirit kuota internet yang kita miliki. Kan banyak tuh aplikasi-aplikasi yang sifatnya offline ketika kita membukanya dalam keadaan data seluler aktif sering muncul iklan disana. Bahkan dalam keadaan tidak dibuka sekalipun terkadang masih ada sebuah notifikasi yang muncul diatas bar. Itu artinya aplikasi yang bersangkutan tanpa kita sadari telah menyedot kuota internet yang sifatnya sia-sia belaka.

Bukan hanya untuk aplikasi-aplikasi yang sifatnya offline saja yang kita blokir, tetapi kita juga bisa memblokirnya pada aplikasi-aplikasi online semacam aplikasi social media dan instant messenger seperti Facebook, WA, BBM, Instagram, Twitter, Youtube dan lain sebagainya.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain ketika hp yang kita miliki ada yang meminjamnya/memakainya. Terutama bagi anak-anak yang ada disekitar kita.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa anak-anak dibawah umur zaman now itu sangat pintar-pintar semua. Jangankan Cuma main game, nonton video Youtube saja sudah jadi langganan tiap hari. Dan lebih parahnya lagi Ia sendiri sudah bisa mendownload aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store tanpa bantuan orang lain. Terlebih aplikasi-aplikasi tersebut ada hubungannya dengan permainan. Wih bisa numpuk tuh hp agan dengan yang namanya aplikasi game.

Maka dari itu dalam artikel yang sangat berantakan ini, saya mau ngasih tips bagaimana caranya agar aplikasi-aplikasi yang ada didalam smartphone android itu tidak bisa dibuka (mengakses internet) meski data selulernya masih dalam kondisi aktif. Sehingga nantinya bisa aman dari jangkauan anak-anak bahkan dari orang dewasa sekalipun.

Berikut langkah-langkahnya untuk memblokir data seluler pada aplikasi Android.
(dalam tutorial ini saya menggunakan hp Android merk VIVO 1606 sebagai alat peraganya,. Sedangkan untuk perangkat/merk lain kemungkinan besar fitur semacam ini masih banyak yang belum tersedia. Jadi harap dimaklumi)

1). Pertama buka pengaturan/ Setting hp Android Agan.

2). Kemudian pilih “Kartu ganda dan jaringan seluler”.

3). Jika sudah, sekarang gulir kebawah hingga sampai pada daftar aplikasi yang sebelumnya secara default telah mendapatkan izin jaringan data seluler.

4). Kemudian yang terakhir selanjutnya adalah memilih aplikasi yang ingin di blokir sinyal internetnya sesuai yang agan inginkan. Dengan cara menggulirkan ke Kiri pada tombol scroll seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas dapat disimpulkan bahwa tombol scroll yang letaknya ada disebelah kiri itu artinya aplikasi yang bersangkutan tidak dapat menerima jaringan/data seluler (diblokir). Sedangkan untuk tombol yang letak scrollnya ada disebelah kanan (warna biru) itu artinya aplikasi yang bersangkutan dapat menerima jaringan data seluler (di izinkan/aktif).

5). Selesai.

Setelah kalian berhasil memblokir atau tidak memberikan izin jaringan data selulernya pada aplikasi-aplikasi tertentu, maka aplikasi yang bersangkutan ketika dibukanya tidak dapat mengakses internet meskipun data seluler ponsel masih hidup atau on. Sehingga orang lain  yang ingin mencoba membukanya akan mengira bahwa kartu atau simcard yang kalian gunakan tidak ada kuotanya.

Oke sekian dulu tutorial dari saya semoga dengan hadirnya artikel yang serba berantakan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Akhir tulisan untuk kalian semua, Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagikan jika bermanfaat