Cara Mengatasi Sinyal Yang Kurang Normal Di Samsung Galaxy Grand Prime Plus

Madurace.com - Jika kemaren saya telah membuatkan tutorialnya cara mengatasi sinyal yang hilang di hp android merk Samsung S3, maka dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang temanya hampir sama dengan yang kemaren. Cuma yang membedakan  terletak pada model smartphone-nya saja sedangkan untuk merknya sudah tentu sama. Yaitu sama-sama merk Samsung. Lebih tepatnya di Samsung Galaxy Prime Plus atau Samsung Galaxy Plus Prime Value Edition (VE).

Jadi ponsel yang sedang kita akan bahas tentang sinyalnya yang kurang bagus atau sering ngumpet ini, bukan cuma dari segi merknya saja yang serumpun, tapi dari segi kode yang terkandung didalamnya juga serumpun dengan Samsung S3. So, bagi kalian yang sudah membaca diartikel sebelumnya, kalian tidak usah lanjutin membaca artikel yang sedang saya ketik ini. Karena settingan yang digunakan untuk memperbaiki sinyal yang sering kabur itu nantinya sama dengan pengaturan yang kemaren. Bahkan cara penerapannya juga sama.

Oke kita kembali ke topik!
Seperti yang pernah saya katakan diartikel sebelumnya, bahwa penyebab sering hilang sebuah jaringan yang terjadi di smartphone-smartphone tertentu bisa disebakan oleh beberapa faktor.

a). Disebabkan karena pelayanan buruk operator.

Penyebab utama sering hilangnya sebuah jaringan seluler di ponsel-ponsel tertentu itu bisa disebabkan karena ulah dari pihak operator sendiri. Biasanya pihak provider dari sim card yang kita gunakan memang sengaja mematikan jaringan internetnya untuk suatu tujuan yang memang tidak pernah kita ketahui alasannya.

Sehingga orang awam seperti kita-kita ini ketika sinyalnya sering mengalami masalah (hilang lalu muncul lagi) harus pasrah menerimanya dan sabar menunggu sinyal normal kembali (kebetulan hal semacam ini cuma sebentar saja hilangnya). 

Untuk mengetahui apakah sinyal tersebut memang sengaja dimatikan oleh pihak operator atau tidak?, kalian bisa mengeceknya dengan cara melakukan percobaan di tiga hp dengan menggunakan kartu operator yang sama.

Usahakan dari ketiga ponsel itu tadi salah satunya (hp pertama) menggunakan paket internet yang berbeda dengan paket internet yang ada di hp ke-2 dan ke- 3. Sedangkan untuk hp yang ke-2 dan ke-3 paket internetnya usahakan cari yang sama gan (pinjam ponsel teman untuk mengetestnya).

Selanjutnya aktifkan semua data selulernya dan lihat sinyalnya, di ponsel manakah sinyalnya yang sering kabur atau muncul logo bulat bergaris tengahnya? Jika sinyal di hp yang pertama normal sedangkan di hp ke-2 dan ke-3 sering hilang, baik itu secara bersamaan maupun secara bergantian, maka hal itu sudah dipastikan bahwa hilangnya sinyal tersebut murni dari ulah operator dan itu ada hubungannya dengan paket internet yang didaftarkannya.

Namun apabila di ponsel ke-2 dan ke-3 itu cuma satu hp yang mengalami masalah (sinyal tidak normal alias sering hilang) maka itu murni bukan campur tangan operator, melainkan hp yang bersangkutan yang bermasalah.

b). Disebabkan karena Tempat.

Yang dimaksud tempat disini oleh para sahabat gretongan disebut dengan istilah TKP. Jadi, penyebab tidak normalnya jaringan internet di smartphone-smartphone tertentu itu bisa dipengaruhi oleh tempat atau TKP. Misalnya jarak pengguna dengan tower operator yang bersangkutan sangat jauh. Sehingga gelombang yang berasal dari pemancar sinyal tersebut sangat sulit untuk menjangkaunya. Semakin jauh jarak tower dengan ponsel, maka kualitas sinyalnya juga semakin jelek.

c). Disebabkan karena ponsel.

Selain dari kedua faktor diatas, penyebab sering kaburnya sebuah sinyal dari ponsel-ponsel tertentu itu bisa disebabkan karena faktor dari ponsel itu sendiri. Jika ditinjau dari segi pelayanan operator oke, dan masalah tempat / TKP juga oke, tapi kualitas sinyal merasa kurang normal alias sering hilang-muncul-hilang, itu murni berasal dari masalah internal ponsel. Dan itu harus segera dibenahi agar nantinya bisa normal kembali.

Berikut cara mengatasi agar ponsel android Samsung Galaxy Grand Prime Plus Value (VE) agan sinyalnya bisa normal kembali.

1). Buka dial di ponsel kesayangan agan.

2). Lalu ketikkan kode berikut *#9900# (awas!!! jangan sampai salah ketik ya)

3). Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman SysDump.

4). Jika sudah berada disana, sekarang cari Debug Level / Disable.
5). Lalu pilih yang High. Habis itu hp agan secara automatis akan merestart dengan sendirinya.
6). Selesai!!!!

Bagikan jika bermanfaat