Cara Mengatur Ukuran Teks Pesan di Samsung S3 Plus

Madurace.com - Masing-masing fitur yang tersedia di sebuah ponsel-ponsel tertentu itu pasti didalamnya terdapat yang namanya pengaturan/setting. Entah itu ponsel yang sudah berkategori jadul maupun ponsel yang sudah berlabel "smartphone" seperti ponsel kebanyakan yang digunakan oleh para penggila gadget saat ini.

Alasan utama diberikannya pengaturan tersebut, sudah tentu bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk menyesuaikan diri dengan passion yang ada dalam dirinya. Karena bagaimanapun juga, tiap-tiap manusia itu memang mempunyai perasaan atau kesukaan yang berbeda-beda antara insan yang satu dengan lainnya.

Kalau misalnya si A menyukai warna merah maka belum tentu Si B suka akan warna itu. Bisa jadi si B tersebut suka dengan warna biru. Begitupula dengan si C, sekalipun keduanya suka warna merah dan biru, belum tentu si C ini suka dengan kedua warna itu.

Kurang lebih begitulah alasannya atau gambarannya kenapa tiap-tiap fitur itu perlu disediakan dengan yang namanya pengaturan. Sebab kalau sampai ada sebuah fitur yang didalamnya tidak tersedia akan pengaturannya bisa-bisa pengguna merasa bosan dan sebal. Ya tidak sebal gimana kalau ia sendiri misalnya suka tampilan layar terang malah dapat screen gelap! Tidak bosan gimana kalau ia sendiri suka yang besar malah dapetnya yang kecil.

Namun demikian meski tiap-tiap fitur tersebut ada pengaturannya terkadang untuk mencarinya kita membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menemukannya. Bahkan saking lamanya tidak ketemu, kadang membuat kita jadi putus asa dan membiarkan pengaturan tersebut tidak dirubah hingga ada orang lain yang membantunya.

Tetapi biasanya tiap-tiap settingan dari sebuah fitur-fitur tertentu itu tempatnya sangat jelas dimana letaknya berada. Sehingga pengguna ketika ingin mengubahnya tidak terlalu rumit untuk menyesuaikan dengan gaya yang diinginkan.

Namun tidak demikian dengan pengaturan teks pesan yang ada didalam smartphone android merk Samsung Plus S3 model GT I9300 ini. Dimana settingan untuk mengubah ukuran teks pesannya tidak sama dengan pengaturan-pengaturan yang ada didalam ponsel android merk Samsung kebanyakan.

Biasanya kalau di ponsel lain sekalipun merknya tidak sama, rata-rata pengaturan untuk ukuran teks pesan ini berada didalam keypad. Jadi kalau pengguna ingin menyetting besar-kecilnya ukuran dari teks pesan tersebut, ia tinggal pencet icon gerigi yang ada di dalam Keypad. Letaknya (mayoritas) ada di sebelah kiri bawah tepat disebelah kiri tombol spasi.

Habis itu setelah pengguna mengekliknya akan dibawa kedalam halaman yang berisi tentang pengaturan yang berhubungan dengan teks. Mulai dari ukuran teks, huruf kapital, suara, getar dan lain sebagainya.

Namun bagi smartphone android merk Samsung S3 plus yang saya pegang ini pengaturannya ada yang ganjil / beda dibandingkan dengan android lain. Dimana didalam ponsel yang saya maksud tersebut disana tidak ditemukannya pengaturan untuk merubah besar-kecilnya sebuah teks. Bahkan saya sempat mencarinya atau menelusuri di pengaturan telpon namun tetap tidak menemukannya.

Usut punya usut secara tidak sengaja ternyata setting dari ukuran teks pesan itu bukan berada didalam atau dibalik layar. Melainkan ada sebelah bagian luar ponsel lebih tepatnya ada di tombol volume.

Jadi bagi kalian yang mengalami masalah seperti yang pernah saya alami ini, maka kalian tinggal pencet saja tombol volume tersebut. Volume plus (memperkeras suara) berfungsi untuk merubah tampilan teks tambah besar. Sedangkan volume minus (memperkecil suara) berfungsi untuk memperkecil ukuran teks. Semakin tinggi volume yang di pencet oleh agan, maka tampilan teks pesan semakin besar. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil volume minusnya yang di pencet maka ukuran teks akan semakin menyusut pula. 

Bagikan jika bermanfaat