Cara Mengetahui Aplikasi Yang Banyak Memakan RAM dan Ruang Data


Madurace.com - Kita sama-sama tahu bahwa setiap aplikasi itu mempunyai kapasitas yang tidak sama antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Ada yang berkapasitas rendah dan ada pula yang mempunyai kapasitas tinggi. Ukuran yang berkapasitas rendah biasanya mempunyai ukuran dibawah 10 mb sedangkan yang berkapasitas tinggi mempunyai ukuran diatas dari 10 mb bahkan bisa sampai ke level 100 mb lebih.


Biasanya aplikasi yang mempunyai kapasitas rendah dibawah 10 mb di dominasi oleh aplikasi yang ada embel-embel Lite-nya, mini dan file manager semacam Root Explore, ES Explore, X- Explore dan sebagainya serta aplikasi-aplikasi yang sudah di modifikasi dari berbagai aplikasi aslinya dan lain-lain.

Sedangkan untuk aplikasi yang mempunyai kapasitas diatas 10 mb biasanya di dominasi oleh aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan Sosial Media, Instant Messaging, Edit video dan Gambar semacam Facebook, Messenger, Instagram, Twitter, Line, BBM, WA, PicsArt, Camera360, B612 Beauty dan lain-lain.

Adapun untuk aplikasi yang mempunyai kapasitas tinggi yang ada di kisaran 70 sampai 100 mb keatas di dominasi oleh aplikasi game semacam Candy Crush Saga, Last Empire, Mobile Legend, Clash Of King, Clash Of Clans (COC), Rules of Survival dan lain sebagainya. Bahkan ada yang mempunyai kapasitas 1 Gb.

Namun tidak semua aplikasi-aplikasi tersebut langsung memakan ruang penyimpanan dan RAM yang ada di dalam ponsel. Adakalanya beberapa aplikasi yang meski mempunyai kapasitas tinggi ketika aplikasi dijalankan tidak terlalu boros makan RAM dan ruang data. Sedangkan untuk aplikasi yang mempunyai kapasitas rendah belum tentu aplikasi yang bersangkutan ketika dijalankan makan RAM sedikit. Justru malah sebaliknya aplikasi tersebut lebih boros daripada aplikasi yang berkapasitas tinggi.

Namun yang jelas rata-rata semua aplikasi yang berjalan di smartphone Android itu memakan ruang penyimpanan data dan RAM yang banyak ketika aplikasi yang tersebut di operasikan atau dijalankan. Semakin sering aplikasi yang bersangkutan di operasikan maka Data ruang penyimpanan data dan RAM ponsel akan semakin terkuras.

Sebagai contoh disini misalnya aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan Jejaring sosial media dan Instant Messenger seperti aplikasi Facebook, Twitter, BBM, WA, Messenger dan semacamnya. Aplikasi-aplikasi tersebut rata-rata secara default mempunyai kapasitas dikisaran 30-50 mb. 

Namun setelah aplikasi-aplikasi itu tadi di jalankan, maka kapasitasnya akan bertambah hingga 3 sampai 5 kali lipat. Semakin sering pengguna mengoperasikan dan berinteraksi disana, maka semakin bertambah pulalah ruang penyimpanan data yang di kuras.

Kalau hal itu tetap dibiarkan, maka setiap hari ruang penyimpanan data yang dimakan terus bertambah dan bertambah bertambah bertambah hingga ponsel mengalami multitasking yang kurang optimal. Dan pada akhirnya ponsel mengalami ngelag, bootlop, restart, mati dengan sendirinya bahkan bisa mati seterusnya. Innalillahi Wa Inna Ilayhi Roji'un....!!!

Maka dari itu, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, kita mesti memantaunya minimal 2 kali dalam seminggu. Sehingga jika ada aplikasi yang ketahuan memakan ruang data penyimpanan yang menumpuk kita bisa segera menghapus data dan Cachenya. Dengan begitu kinerja ponsel akan lebih ringan.

Lalu bagaiamana caranya agar kita bisa mengetahui bahwa sebuah aplikasi-aplikasi tertentu itu bisa menguras ruang penyimpanan data dan RAM yang banyak?

Untuk mengetahui hal itu, sebenarnya gampang banget dan kita tidak harus membutuhkan yang namanya aplikasi pihak ketiga. Karena hal tersebut sudah ada di pengaturan telpon.

Berikut langkah-langkanya:
# Cara Cek Aplikasi Yang Banyak Makan Ruang Data Plus Cara Meminimalisirnya.

1). Pertama buka Pengaturan / Setting telpon agan

2). Lalu pilih Lainnya (tidak semua pengaturan android sama, tapi agak mirip! Jadi nanti disesuaikan saja sendiri)

3). Kemudian dilanjutkan dengan memilih Manager Aplikasi

4). Selanjutnya akan dibawa ke halaman baru yang berisi berbagai aplikasi yang yang telah terinstall di android agan.

5). Jika sudah langkah selanjutnya silahkan pilih atau tap aplikasi yang ingin di hapus data dan Cachenya. (Misalnya disini saya memilih Facebook) Lalu pilih Penyimpanan kemudian klik Hapus Data.

6). Selesai!!!!

Notes:
- Setelah kalian menghapus data aplikasi, maka akun kalian akan di Logout atau keluar. Jadi jangan kaget jika kalian pas mau buka aplikasi Facebook tadi disuruh memasukkan username dan password kembali.

# Cara Cek Aplikasi Yang Sedang aktif Makan RAM Plus Cara Menstopnya.
(Caranya hampir sama dengan cara diatas).

1). Buka Pengaturan / Setting telpon. 

2). Lalu pilih Lainnya (tidak semua pengaturan android sama, tapi agak mirip! Jadi nanti disesuaikan saja sendiri)

3). Kemudian dilanjutkan dengan memilih Manager Aplikasi.

4). Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman baru yang berisi kumpulan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang layar (sedang makan RAM Android agan)

5). Selanjutnya gulir layar ponsel agan ke kiri hingga tepat berada dihalaman apliaksi yang sedang BERJALAN.

6). Kemudian tap / klik aplikasinya (satu persatu) dan pilih Berhenti / Stop untuk dihentikan. Selesai...!!!!

Dengan selesainya kedua cara diatas, maka selesai pulalah tutorial yang saya ketik melalui keypad hp Samsung kesayanganku ini. Semoga dengan hadirnya artikel diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat. 
Akhir Tulisan Untuk kalian semua, Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Aminn

Bagikan jika bermanfaat