Cara Mengetahui aplikasi yang pernah kalian install dari dulu sampai sekarang.

Madurace.com - Kalau kita mau ngomongin masalah aplikasi smartphone yang paling banyak jumlah jenisnya, sudah pasti aplikasi Android Rajanya. Iya aplikasi smartphone besutan Google yang satu ini memang satu-satunya aplikasi yang paling banyak jumlahnya dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi smartphone lainnya.

Saking banyakanya aplikasi smartphone tersebut hingga saat ini kita masih belum tahu persis berapa jumlah yang sebenarnya yang telah berhasil dibuat oleh para developers seluruh dunia. Sekalipun kita mau mencoba untuk mengetahui dengan cara melakukan pengecekan di gudang Play Store, belum tentu kita akan mampu menghitungnya satu persatu.

Dan saya yakin aplikasi sebanyak itu tidak bisa dihitung dalam hitungan jam bahkan dalam kurun waktu sehari sekalipun.

Jangankan mau menghitung semua aplikasi yang ada disana, mau menghitung aplikasi buatan orang Indonesia saja mungkin kita sudah kewalahan. Karena apa? Karena tiap-tiap pengembang / developers (sebutan untuk orang yang membuat aplikasi) rata-rata membuat aplikasinya lebih dari satu.

Kalau misalnya satu orang saja rata-rata membuat aplikasinya sebanyak 10 buah, berarti kalau ada 100 orang, aplikasi yang dibuat sudah mencapai 1000 buah. Bagaimana kalau pihak pengembangnya yang tersebar diseluruh dunia jumlahnya ribuan bahkan ratusan ribu? Berapa jutakah aplikasi yang ada di gudang Play Store? 

Saya rasa kita semua tidak akan mampu untuk memprediksinya secara akurat. Yang bisa mengetahui berapa banyaknya aplikasi yang tersimpan disana hanya pihak Google sendiri. Kenapa harus Google? Karena aplikasi yang ingin masuk ke gudang Play Store di absen dulu oleh pihak Google apakah aplikasi yang bersangkutan layak atau tidak? Mengandung malware (virus) berbahaya atau tidak? Original atau bajakan tidak?

Jika aplikasi-aplikasi barusan sudah selesai di seleksi dan statusnya aman-aman saja, baru aplikasi tersebut dimasukkan kedalam keranjang untuk dipamerkan kepada kita. Kalau kita tergoda, tanpa pikir panjang kita langsung menginstallnya meski kita sendiri sebelumnya tidak tahu fungsinya untuk apaan. Giliran mau dicoba, malah aplikasinya setelah dibuka gak sesuai selera. Kalau sudah tidak sesuai lagi dengan selera, ya mau tidak mau kita langsung mencomotnya saja. Dan cari wanita lain, upsss... salah maksudnya aplikasi lain.

Dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang tersedia digudang Play Store tersebut membuat kita seenaknya gonta-ganti pasangan (aplikasi). Sudah puas di aplikasi A, cari aplikasi B. Kalau sudah cocok dengan si B, di cerailah (Uninstall) si A dengan alasan biar tidak banyak-banyak mengeluarkan modal (makan RAM).

Setelah hidup dengan aplikasi B sudah mulai terasa bosen, muncullah aplikasi terbaru yang bernama si C, lalu dengan alasan yang sama di cerailah (Uninstall) aplikasi B yang tadi. Begitulah seterusnya kehidupan kita didunia Android yang dari waktu ke waktu selalu gonta-ganti pasangan (aplikasi).

Namun terkadang pada titik-titik tertentu kita membutuhkan kembali aplikasi-aplikasi terdahulu yang pernah kita gunakan tersebut. Tetapi ketika kita ingin menginstallnya, justru nama aplikasi yang bersangkutan sudah tidak ingat lagi. Hal itu disebakan karena aplikasi yang bersangkutan tidaklah begitu lama tinggal di android kita.

Selain dari itu, alasan utamanya kenapa kita bisa lupa terhadap aplikasi-aplikasi yang dimaksud, itu disebabkan lantaran terlalu banyaknya aplikasi yang pernah kita gunakan (install). Sehingga dengan seiringnya waktu ketika kita sudah mencopotnya dari perangkat, kita tidak mempunyai kesempatan untuk mengingatnya satu persatu.

Namun demikian, meskipun kita sudah lupa akan semua aplikasi yang pernah kita gunakan dan di copotnya tadi, kita tetap bisa mengetahui atau mengecek aplikasi tersebut melalui History Google. Disana nanti kita bisa mengetahui semua aplikasi yang pernah kita gunakan. Mulai aplikasi yang pertama kali kalian install sampai sekarang, disana masih ada jejaknya.

Sehingga selupa apapun kalian, selama email yang kalian gunakan tetap (tidak gonta-ganti email), maka disitu aplikasi yang kalian cari masih ada. Dan siap di install kembali.

Berikut Langkah-langkahnya:

1). Pertama buka aplikasi Play Store. 

2). Kemudian klik Garis Tiga (Letaknya ada di pojok kiri atas, tepat diatas menu Beranda).

3). Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman akun, lalu pilih Aplikasi & Game Saya.

4). Kemudian yang terakhir pilih Koleksi.

Nah disinilah kalian bisa melihat semua aplikasi yang pernah kalian install sejak mulai pertama kali menggunakan ponsel android hingga sekarang. 

Bagikan jika bermanfaat