Cara Mengganti Logo / Icon Aplikasi Android Tanpa Ribet

Madurace.com - Jika tadi malam saya membuat artikel tentang cara mengubah nama aplikasi android menggunakan APK Editor Pro, maka untuk kali ini saya akan membahas tentang cara mengubah logo atau gambar dari sebuah aplikasi dengan menggunakan perantara aplikasi pihak ketiga yang sama pula yaitu APK Editor Pro. 

Kenapa harus menggunakan APK Editor Pro? Karena cara penggunaannya sangat gampang dan simpel sehingga pengguna yang ingin mengedit aplikasi yang ada didalam ponselnya tidak harus menguasai yang namanya bahasa pemograman. 

Bukankah APK Editor Pro berbayar gan? Iya memang aplikasi pengedit aplikasi yang satu ini selain ada versi gratisannya juga ada yang versi berbayarnya. Dan kebetulan Apk Editor yang ada embel-embelnya Pro-nya inilah berbayar. Tapi hal itu tidak menjadi halangan bagi kita untuk memiliki aplikasi tersebut mengingat link penyimpanan aplikasi yang bersangkutan sudah tersebar dimana-mana untuk di download secara gratis tanpa harus bayar sepeserpun. Sehingga pengguna nantinya tinggal comot dan pancal saja ketika mendapatkan link penyimpanan file apk-nya. 

Di blog madurace.com sebenarnya saya pernah menuliskan artikelnya tentang aplikasi APK Editor Pro ini. Jadi bagi agan-agan yang kebetulan masih belum mempunyai aplikasinya kalian bisa download file apk-nya melalui artikel yang saya maksud tersebut. Lebih tepatnya ada didalam artikel yang bertajuk Download APK Editor Pro Gratis Tanpa Bayar

Tujuan Mengedit Gambar / Logo Aplikasi Android.

Mungkin tiap-tiap pengguna yang ingin mengedit atau mengubah logo aplikasi yang ada di ponselnya mempunyai tujuan dan alasan berbeda-beda. Ada yang bertujuan hanya untuk sekedar menghibur diri saja. Ada yang iseng-iseng hanya untuk sekedar ingin tahu saja. Dan ada pula yang ingin mencari sensasi dan keuntungan pribadi saja dari para newbie seperti saya ini.

Yang dimaksud mencari keuntungan pribadi gimana maksudnya gan? Apakah setelah logo aplikasinya setelah diganti dengan gambar lain hasilnya nanti akan dijual? Tidak! Tapi ujung-ujungnya nanti tetap ada hubungannya dengan yang namanya duit.

Namun hal itu terjadi hanya dikalangan para pengguna android yang suka akan dunia gretongan saja. Sedangkan untuk pengguna yang tidak pernah memasuki dunia itu, mungkin aman-aman saja.

Kenapa aman? Karena tidak dimanfaatkan oleh para master gadungan yang kerjaanya cuma mengoprek (mengclonning) aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan gretongan atau internet gratisan. Dimana modus dari master gadungan ini hanya mengedit (mengopreak/mengkloning) sedemikian rupa aplikasi yang berhubungan dengan gretongan tersebut kemudian hasilnya di publish ke beranda Group yang banyak anggotanya untuk di download.

Nah tempat penyimpanan file apk hasil editan tadi disisipin sebuah short link yang sifatnya dibayar perkliknya. Sehingga ketika ada orang yang mengeklik link itu tadi, maka orang yang menyebarkan link download tersebut mendapat bayaran dari pihak penyedia situs.

Sedangkan file apk yang tersimpan di dalamnya tidak lain dan tidak bukan adalah aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh para sahabat gretongan sendiri. Hanya saja diantara mereka tidak menyadarinya kalau aplikasi yang baru diinstallnya tersebut adalah aplikasi-aplikasi yang sudah lawas yang hanya beda nama dan tampilannya saja.

Padahal kalau mereka mau, ia bisa saja membuatnya sendiri tanpa harus menunggu modus dari orang lain. Cukup menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama APK Editor Pro, maka nama dan tampilan dari aplikasi-aplikasi tertentu bisa kita ubah sesuka hati.

Lalu bagaimana caranya gan agar kita bisa mengubah logo / gambar aplikasi menggunakan APK Editor Pro? Caranya tidaklah begitu sulit gan, kalian tinggal install dulu aplikasinya di ponsel agan. Kemudian jika sudah, sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1). Pertama kalian buat dulu gambar / logo yang berukuran atau resolusi 72x72 pixel (gambar ini yang nantinya akan digunakan untuk mengganti icon aslinya)

2) Jika gambarnya sudah disiapkan, sekarang Buka aplikasi APK Editor Pro (Anggaplah kalian sudah memiliki dan menginstall aplikasinya).

3). Jika sudah sekarang pilih Select an APK File (jika kalian ingin mengedit file Apk) atau pilih Select Apk From App (Jika kalian ingin mengedit aplikasi yang sudah terinstall di ponsel agan). Namun dalam tutorial ini saya mempraktekan pada point nomor dua yaitu Select Apk From App. Okey next...!!!

4). Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman baru yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstall di android agan.

5). Setelah itu pilih aplikasi yang ingin agan ganti Logonya (Disini saya akan memilih Opera Mini sebagai tumbal).

6). Selanjutnya pilih Common Edit

7). Kemudian pilih Launcher Icon untuk mengganti iconnya (tepat pada logo/icon aplikasi). Kemudian cari logo/icon/gambar yang telah dibuat sebelumnya oleh kalian. Jika sudah ketemu, sekaranag klik/tap gambar tersebut untuk mereplace atau mengganti logo aslinya.

8). Terakhir pilih SAVE untuk menyimpannya dan tunggu hingga proses pengeditan logo/icon aplikasi tadi selesai diproses). Selesai. 

Catatan:
- Jika kalian ingin melihat langsung hasilnya, kalian Uninstall / hapus dulu aplikasi aslinya. Caranya pilih Remove (letaknya ada disebelah kiri bawah) kemudian klik Oke.

Setelah aplikasi tadi sudah selesai di Remove atau di Uninstall, tetap dihalaman yang sama selanjutnya sekarang pilih Install. Dan lihat hasilnya. 

- Untuk menemukan file apk-nya yang kalian edit tadi (takut sewaktu-waktu diperlukan), kalian bisa mencarinya di Pengelola File / File Saya >> Semua File >> Device Storage >> Apk Editor >> (Disinilah file apk tersimpan)

Baiklah mungkin hanya itu yang kami sampaikan, semoga dengan adanya artikel yang sangat sederhana dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Sekian terima kasih 

Bagikan jika bermanfaat