Cara Mengubah Nama Aplikasi Android Menjadi Nama Kita Sendiri

Madurace.com - Selamat malam agan-agan semua!!! Piye kabare? Baik-baik saja kan? Alhamdulillah....!!! Oke dalam kesempatan kali ini blog madurace.com akan mencoba untuk membahas tentang cara membuat atau mengubah nama sebuah aplikasi android yang sudah terinstall maupun yang belum terinstall di dalam perangkat ponsel.

Dalam konteks ini ponsel yang saya maksud sudah tentu smartphone yang beroperasi di system Android. Diluar dari itu, saya sendiri juga tidak tahu cara mengubahnya bagaiamana? Karena saya sendiri dari dulu sampai sekarang sejak lahirnya Android, saya tidak pernah mencoba menggunakan smartphone-smartphone yang lain.

Tidak tahu kenapa Saya itu bisa-bisanya demen banget sama ponsel besutan Google ini. Padahal smartphone-smartphone yang berjalan di OS lain kualitasnya juga tidak kalah saing sama Android. Bahkan kalau mau diadu gengsi kasta Android justru ada di bawah (ditinjau dari segi harga). Tapi kalau mau jujur ni gan kenapa saya tidak menggunakan ponsel yang kastanya lebih tinggi daripada android adalah (alasan utamanya) karena saya sendiri tidak punya modal untuk membelinya. Mueheheheh.....!!! Oke kita kembali ke topik.

Untuk mengganti nama dari sebuah aplikasi Android itu sebenarnya caranya tidaklah segampang yang kita kira. Karena untuk mengedit struktur kode yang ada didalam aplikasi yang bersangkutan, kita membutuhkan keahlian khusus yang disebut pemograman. Kalau kita tidak bisa menguasai yang namanya bahasa pemograman, jangan sekali-kali mencoba untuk mengubah atau mengeditnya.

Karena hal itu dapat menyebabkan kinerja aplikasi tidak beroperasi secara optimal sebagaimana mestinya. Sehingga ketika aplikasi ingin dibuka atau dijalankan akan mengalami error. Misalnya ketika aplikasi mau di install muncul sebuah notifikasi bahwa aplikasi yang bersangkutan gagal Install. Atau bisa juga meskipun aplikasi sudah berhasil terinstall di dalam ponsel malah ketika mau dibuka, aplikas tersebut secara spontan mengalami force close sendiri yang menyebabkan pengguna tidak diberi kesempatan sama sekali untuk masuk kedalamnya.

Maka dari itu jika agan-agan tidak mempunyai potensi dalam bidang ini, saya sarankan jangan sekali-kali mencoba untuk mengedit struktur kode yang terkandung didalamnya.

Lantas, apakah didalam artikel ini kita harus belajar bahasa pemograman dulu agar nantinya kita bisa berhasil mengedit nama aplikasi? Tidak gan!!! Dalam artikel ini saya tidak akan mengajari yang namanya bahasa pemograman, karena saya sendiri juga tidak menguasainya sama sekali.
(Kalau saya yang ngajarin bahasa pemogramannya, mungkin aplikasinya bukan mengalami error lagi gan tapi bisa-bisa meledak entar).

Namun yang dibahas dalam artikel ini kita mengeditnya tanpa harus menguasai bahasa pemograman melainkan menggunakan metode perantara dari aplikasi pihak ketiga. Dimana aplikasi yang dimaksud memang sengaja dirancang oleh penciptanya (pihak pengembang) khusus untuk mengubah atau mengganti berbagai kode yang ada didalam aplikasi android. Sehingga pengguna nanti bisa mengedit sesuai dengan keinginannya masing-masing.

Adapun aplikasi yang saya maksud itu adalah bernama APK editor. Aplikasi ini mempunyai dua macam versi yaitu versi APK Editor Biasa (gratis) dan versi APK Editor Pro (berbayar).

Meskipun Kedua aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang sama dan diciptakan oleh pihak yang sama pula, namun dari segi fitur, keduanya tidak sama. Apk Editor yang gratisan fiturnya dibatasi, sedangkan untuk APK Editor yang Pro (berbayar) fiturnya lebih mutlak.

Kedua-duanya bisa kalian dapatkan melalui gudang Play Store. Namun bagi kalian yang ingin memiliki versi APK Editor Pro tapi tidak ingin mengeluarkan modal sepeserpun, kalian bisa mendownloadnya melalui artikel yang telah saya publish sebelumnya. Lebih tepatnya di artikel Download APK Editor Pro Gratis Tanpa Bayar

Cara Mengganti Nama Aplikasi Menggunakan HP Android. 

1). Pertama buka aplikasi APK Editor Pro (Anggaplah kalian sudah memiliki dan menginstall aplikasi APK Editor Pro di ponsel agan)

2). Kemudian pilih Select Apk From App

3). Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman baru yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstall di android agan.

4). Jika sudah pilih aplikasi yang ingin agan ubah namanya. Misalnya disini saya akan memilih aplikasi Facebook untuk diubah namanya. silahkan diklik / tap aplikasinya. 

5). Selanjutnya pilih Common Edit

6). Kemudian pada kolom App Name yang awalnya bernama Facebook diganti dengan nama yang kalian inginkan.

Sedangkan untuk kolom-kolom yang lain dibiarkan saja gak usah diedit. Jika sudah sekarang klik SAVE. ( tunggu hingga proses pengeditan nama tadi selesai diproses). Selesai. 

Catatan:
- Jika kalian ingin melihat langsung hasilnya, kalian Uninstall / hapus dulu aplikasi aslinya. Caranya pilih Remove (letaknya ada disebelah kiri bawah) kemudian klik Oke.

Setelah aplikasi tadi sudah selesai di hapus atau di Uninstall, tetap dihalaman yang sama selanjutnya sekarang pilih Install. Dan lihat hasilnya. 

- Untuk menemukan file apk-nya yang kalian edit tadi (takut sewaktu-waktu diperlukan), kalian bisa mencarinya di Pengelola File / File Saya >> Semua File >> Device Storage >> Apk Editor >> (Disinilah file apk tersimpan)

Baiklah saya rasa hanya itu saja yang kami sampaikan, semoga bermanfaat! 

Bagikan jika bermanfaat