4 Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Yang Tidak Bisa dibuka atau Error


Madurace.com - Youtube adalah satu-satunya situs penyedia video online gratis yang paling banyak diminati oleh para pemirsa seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Youtube sudah menjadi santapan sehari-hari untuk dijadikan alat mencari informasi dan hiburan. Bahkan sekarang ini masyarakat Indonesia sudah tidak lagi menjadi pemirsa yang sifatnya selalu setia menonton video orang lain yang sengaja diupload disana.

Melainkan saudara-saudara kita sudah banyak menjadi Youtuber alias orang yang mengupload videonya sendiri ke situs Youtube. Hal itu tidak lepas karena mereka sudah mengetahui  bahwa video yang diupload ke Youtube itu bisa di monetisasi. Atau dalam bahasa awamnya dapat diartikan dengan istilah "Diuangkan". Maksudnya video yang di upload ke situs Youtube itu nantinya akan dibayar oleh pihak Youtube sesuai dengan banyaknya orang yang menontonnya. Dan yang terpenting video yang bersangkutan tidak melanggar kebijakan dan ketentuan yang berlaku.

Jadi bagi agan-agan yang kebetulan masih belum mengetahui jika video yang diupload ke Youtube itu bisa menghasilkan uang dan kebetulan kalian mempunyai banyak koleksi video unik, saya sarankan sesegera mungkin video yang bersangkutan diupload ke Youtube. Janganlah kau upload di media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter dan lain sebagainya. Sebab kalau kalian menguploadnya disana, bisa-bisa video unik yang kalian miliki itu diambil orang lain kemudian diupload ke Youtube.

Kalau hal itu terjadi, sudah tentu orang yang mengambil video milik kalian tadi dapat keuntungan secara sepihak yang tidak dapat kalian ketahui dan bayangkan. Sedangkan kalian sebagai pemilik yang sah justru tidak mendapatkan apa-apa dari video tersebut. Palingan yang kalian dapatkan hanyalah like dan komentar saja dari teman-teman yang kebetulan menontonnya. Sedangkan fulus yang seharusnya masuk ke rekening agan malah masuk ke kantong (rekening) orang lain. Jika sudah begitu yang rugi menurut agan siapa? (Hayooo... Dijawab sesuai dengan hati nuraninya masing-masing).

Apalagi sekarang untuk menguploadnya sangatlah gampang dan pengguna tidak harus mempunyai sebuah perangkat yang namanya PC ataupun laptop. Cukup dengan menggunakan smartphone  android, maka video bisa tersimpan diserver Youtube yang nantinya bisa tayang dan dilihat oleh khalayak umum atau orang banyak (publik).

Jadi tidaklah mengherankan jika aplikasi Youtube menjadi salah satu aplikasi yang paling sibuk digunakan oleh para pengguna smartphone Android mengingat fungsinya yang sangat praktis. Baik itu dari Youtuber sendiri maupun oleh para pemirsa yang memang kesehari-hariannya hobby nonton video online yang ada disana. Mereka semua sama-sama hampir setiap hari membuka aplikasi Youtube sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanpa memikirkan berapa kuota internet yang harus dikeluarkan. Yang terpenting bagi mereka merasa happy, masalah data seluler yang disedot, itu mah belakangan.

Namun terkadang, akibat terlalu seringnya aplikasi tersebut digunakan, pada waktu-waktu tertentu adakalanya aplikasi yang bersangkutan ketika mau dibuka tidak bisa dibuka atau mengalami error. Sehingga pengguna yang kebetulan mangalami masalah seperti ini merasa bingung dengan kinerja aplikasi yang statusnya tidak sama dengan seperti biasanya. Bagaimana mereka tidak merasa bingung, wong tadi pagi aplikasinya baik-baik saja tetapi sekarang ketika mau dibuka malah mengalami error atau force close dengan sendirinya.

Sebenarnya masalah seperti ini memang hal yang sudah lumrah terjadi atau dialami oleh semua aplikasi yang berjalan di telepon pintar Android. Bahkan diluar ponsel android  sekalipun juga mengalami hal yang sama jika aplikasi-aplikasi tertentu yang terinstall didalam gadget sering digunakan oleh pemiliknya. Tidak hanya terjadi pada lingkup aplikasi dan perangkat saja, diluar dari itu semuanya juga mengalami hal serupa. Jadi intinya segala sesuatu yang ada didalam dunia ini mempunyai sifat yang sama antara yang satu dengan lainnya yaitu tidak selamanya awet atau kekal kecuali Tuhan.

Semakin lama sesuatu itu digunakan maka semakin lemahlah fungsinya. Jika fungsi itu tadi sudah melemah, maka itu artinya sesuatu tersebut harus diobati atau diperbaiki. Kalau hal itu tetap dibiarkan, maka sudah dipastikan dalam waktu singkat objek yang bersangkutan akan mengalami dampak yang lebih parah lagi daripada sebelumnya. Bahkan sudah tidak berfungsi sama sekali untuk selama-lamanya alias End.

Maka dari itu, jika kebetulan aplikasi Youtube yang ada didalam ponsel android agan mengalami hal-hal yang tidak seperti biasanya, misalnya status aplikasi ketika mau dibuka mengalami error atau force close dengan sendirinya, maka segeralah kalian untuk memperbaikinya. Ada beberapa cara ampuh agar aplikasi Youtube yang mengalami masalah error tersebut bisa diperbaiki atau diatasi. Diantaranya sebagai berikut:

1). Matikan Aplikasi yang banyak makan RAM dan Memory Internal (penyimpanan).

Aplikasi Youtube bukan satu-satunya aplikasi yang berkapasitas tinggi dan sangat lahap memakan RAM ponsel. Masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang status kinerjanya lebih banyak menguras daya (RAM) smartphone dibandingkan Youtube. Misalnya aplikasi Game Online, Facebook, Instagram, Whatsapp dan lain sebagainya. Itu semua rata-rata bisa dibilang aplikasi yang paling rakus memakan RAM dan penyimpanan ponsel. 

Sekalipun aplikasi-aplikasi yang bersangkutan tidak dioperasikan atau dalam kondisi diam, bukan berarti aplikasi itu tidur pulas tidak mengganggu kinerja ponsel. Tidak! Sebenarnya semua aplikasi yang ada didalam sebuah perangkat itu sejatinya tetap berjalan dibelakang layar meski si mpunya tidak mengoperasikannya. Hanya saja para pengguna kebanyakan tidak menyadari dan tidak mengetahui kalau aplikasi yang bersangkutan tetap aktif dibalik layar sambil makan RAM.

Maka dari itu, ada baiknya kalian membersihkan RAM ponsel dengan cara memberhentikan aplikasi-aplikasi yang tidak kalian gunakan saat ini. Semakin banyak aplikasi yang diberhentikan (bukan dihapus) maka semakin legalah ruang RAM. Kalau RAM yang digunakan semakin minim, maka kinerja ponsel akan semakin ringan.

Untuk memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan memakan RAM itu tadi kalian bisa menstopnya dengan cara buka Setelan/pengaturan >>> Aplikasi/Manager aplikasi >>> kemudian gulir kekiri layar ponsel agan hingga tepat berada dihalaman BERJALAN. jika sudah berada disana, silahkan hentikan semua aplikasi yang berjalan. (pengaturan ini saya sesuaikan dengan pengaturan yang ada didalam hp android Samsung Galaxy S 3, untuk pengaturan ponsel lain, saya kira ada yang tidak sama tapi mirip)

2). Menghapus Data Aplikasi Youtube.

Jika pada langkah pertama tadi tidak berhasil, kalian boleh mencobanya dengan cara Hapus Data Aplikasi. Menghapus data dari sebuah aplikasi itu sangat penting, karena semakin sering kalian mengoperasikan aplikasi maka data yang tersimpan didalam aplikasi semakin banyak penuh.

Menghapus data aplikasi, itu sama artinya menghapus semua data yang ada didalam aplikasi Youtube. Mulai dari Histori, Cache, dan akun.

Untuk menghapusnya kalian bisa buka Setelan/pengaturan >>> Aplikasi/Manager aplikasi >>> Youtube >>> Lalu Hapus Data. 

Setelah kalian berhasil menghapus datanya, maka ketika kalian ingin membukanya kembali maka kalian harus memasukkan akun gmail yang sudah sebelumnya kalian gunakan. 

3). Perbarui atau Install Aplikasi

Jika di point nomor satu dan dua diatas tidak berhasil juga, maka kalian bisa mencobanya dengan cara mengupdate dan menginstall ulang aplikasi Youtube. 

Hampir seluruh aplikasi yang ada di dalam smartphone android termasuk aplikasi Youtube berkali-kali memperbaruinya dari yang sudah lawas ke versi yang terbaru. Alasannya sudah tentu agar kualitas aplikasi lebih memuaskan untuk para penggunanya. Sehingga bug-bug yang ada didalam aplikasi yang sudah lawas satu persatu dapat diperbaiki.

Setelah ada pembaharuan dari pihak pengembang, akhirnya aplikasi terasa semakin enteng. Dan aplikasi yang awalnya mengalami berbagai masalah akhirnya dapat teratasi setelah berhasil melakukan perombakan secara total.

4). Reset Ulang HP

Jika ketiga point diatas tidak ada yang manjur juga, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara trik pemungkas yaitu dengan melakukan reset ulang ponsel. Karena kalau ketiga point diatas tidak mempan, sudah pasti permasalahannya bukan terletak pada aplikasi Youtube melainkan ada didalam ponsel yang bersangkutan.

Meresert ulang sebuah ponsel bukan hanya menghapus Cache dan Data aplikasi, melainkan bisa menghapus semua jejak yang ada didalam samrtphone. Jadi sebelum kalian langsung melakukan  reset, alangkah baiknya data-data penting seperti Foto, Video, File, dan lainnya di backup terdahulu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi takut sewaktu-waktu data-data tersebut di butuhkan kembali. 

Namun apabila kalian setelah melakukan reset ulang aplikasinya tetap tidak bisa dibuka juga, maka saya sarankan bawalah ponsel agan ke service hp terdekat untuk diperbaiki dan diceknya. Karena bisa jadi kerusakan yang menimpa ponsel agan tersebut bukan murni disebabkan dari segi software melainkan dari perangkat keras.

Catatan:
Menonton video Youtube di android itu tidak harus menggunakan aplikasi, melainkan juga bisa di tonton melalui browser. Jadi kalau ponsel agan tetap tidak bisa mengakses Youtube menggunakan aplikasi, maka saya sarankan silahkan nonton melalui browser saja. 

Bagikan jika bermanfaat