Cara Gampang Membuat Gambar Thumbnail Video Youtube Di Android

Madurace.com - Bagi seorang Youtuber, mungkin Youtube sekarang bukan lagi sekedar tempat untuk mengupload video-video yang biasa ia lakukan untuk menghibur atau memberikan informasi terhadap orang banyak. Melainkan bagi mereka portal situs yang dikelola oleh Google yang satu ini telah dialih fungsikan sebagai tempat untuk menambang dolar maupun Rupiah. Disana memang terdapat penghasilan yang sangat menjajikan bagi seseorang yang ingin serius untuk mengelolanya.

Seseorang yang awalnya cuma jadi pemirsa (penonton) penikmat video orang lain, maka kini ia telah berusaha untuk menjadi seorang publisher. Dan berharap pada suatu saat nanti bisa berkesempatan untuk mendapatkan gajian setiap bulan dari Google Adsense atas video yang diuploadnya.

Ya siapa yang tidak mau kalau cuma mengupload video saja dapat bayaran/gajian dari Google tiap bulan. Toh persyaratannya juga tidak bikin ribet seperti mau melamar pekerjaan yang terjadi didunia nyata yang harus minimal mempunyai ijazah dari lulusan ini dan itu.

Tidak pelak jika akhir-akhir ini sudah sangat banyak para Youtuber-youtuber yang tersebar diseluruh Nusantara dari berbagai status ikut andil dalam hal ini. Mulai dari Mahasiswa, Pelajar Tingkat Menengah dan tingkat atas (SMA), Artis, Polisi, Guru, Dosen, pedagang kaki lima dan lain sebagainya semua menggeluti bidang ini. Bahkan anak seorang presiden sekalipun (sebut saja Kaesang, salah satu putra pak Jokowi) juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini.

Karena memang menjadi seorang Youtuber itu adalah satu-satunya profesi yang paling gampang untuk menghasilkan uang dari internet tanpa harus mempunyai keahlian khusus. Masalah status, keahlian, kualitas video, dan lain sebagainya, tidak usah dipikirin, itu mah belakangan. Yang terpenting disini kuncinya adalah mempunyai tekat yang sangat kuat (serius) bagaimana caranya agar mimpi itu menjadi kenyataan.

Kalaupun kita seandainya tidak mempunyai keahlian khusus sama sekali dalam bidang video editor, kita bisa mencari jalan alternatifnya agar video yang diupload ke situs Youtube tersebut nantinya bisa banyak yang nonton. Salah satu alternatif atau triknya adalah membuat Thumbnail video semenarik mungkin.

Apa itu Thumbnail? Thumbnail adalah gambar cuplikan yang mewakili sebuah video.

Nah dengan adanya Thumbnail inilah kita sebagai orang yang ingin mengupload video ke Youtube bisa mengubah tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga dengan mengotak-atik Thumbnail tersebut, penonton akan merasa penasaran terhadap video yang kita upload tadi.

Tanpa tampilan Thumbnail yang menarik, sekalipun video kita kualitasnya lumayan bagus, mustahil video tersebut bisa dilirik dan mendatangkan penonton yang banyak. Kecuali Channel Youtube yang kita miliki itu tadi sudah banyak yang mensubcribenya dan sudah terkenal akan kualitas yang kita sajikan selama ini.

Lah yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana caranya agar kita bisa membuat Thumbnail itu sendiri tanpa harus menggunakan PC atau Laptop? Sedangkan para Youtuber era sekarang ini rata-rata tidak punya laptop melainkan masih banyak yang menggunakan Android! Bisakah kita membuatnya melalui hp Android?

Bisa banget gan! Karena tujuan saya membuatkan artikel ini khusus bagi para Youtuber yang masih newbie dibidang komputer seperti saya ini. Makanya jangan heran jika semua artikel yang ada di blog madurace.com ini mayoritas membahas tentang aplikasi android, karena saya sendiri membangun blog yang berantakan ini juga menggunakan Hp Android. Sekalipun saya sekarang sudah mampu beli/punya laptop (hasil dari blog yang kalian baca ini), saya masih tetap tidak bisa beradaptasi dengannya dan saya tetap memilih hp Android sebagai partner untuk mengurusi blog ini. 

Canva Aplikasi Android Yang Bagus dan Cocok Untuk Membuat Thumbnail Youtube.

1). Pertama-tama kalian install dulu aplikasinya melalui Play Store (nama aplikasinya Canva).

2). Jika sudah sekarang buka aplikasinya kemudian daftar akun menggunakan email. Atau bisa juga langsung login/masuk menggunakan akun Google ataupun Facebook kalian.

3). Setelah itu, jika kalian sudah masuk disana kalian akan mendapati banyak template atau gambar dari berbagai sumber. Mulai dari Instagram, Facebook, blog Banner, Twitter dan lain sebagainya yang bisa kalian edit.

Namun untuk kategori Thumbnail Youtubenya, kalian bisa menggulirnya kebawah kemudian ketuk "Lihat Semua" pada kategori "Thumbnail Youtube atau Gambar Mini Youtube"

4). Kemudian selanjutnya kalian disana bebas memilih gambar Thumbnail yang sesuai dengan keinginan agan.

Kalian nanti bisa mengganti setiap bagiannya mulai dari foto, warna background, ukuran teks dan lain sebagainya. Intinya agan-agan tinggal eksplorasi sendiri sesuai yang agan inginkan. 

5). Jika gambar Thumbnailnya sudah di edit, sekarang untuk menyimpannya di Galery, silahkan pilih "Bagikan".
Inilah hasilnya:

Setelah kalian mengetap "Bagikan" maka secara automatis akan tersimpan di galery atau bisa juga kalian langsung menshare atau membagikannya diberbagai Jejaring Media sosial, Instant Measenger, dan tempat penyimpanan file online gratis lainnya. 

6). Selesai!!!! 

Catatan:
Aplikasi Canva ini bersifat online. Jadi, kalau di hp android agan, data selulernya dalam kondisi tidak aktif maka aplikasi tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. (Sangat di sayangkan)

Bagikan jika bermanfaat