Cara Mendinginkan Suhu Android Yang Panas Agar Kinerja HP Tetap Stabil

Madurace.com - Ketika kita membuka salah satu aplikasi yang ada di dalam hp android, tentu efek yang pertama kali kita rasakan adalah kondisi ponsel terasa panas. Semakin banyak aplikasi yang kita buka (terutama aplikasi yang statusnya online) kemudian dijalankan secara bersamaan, maka suhu ponsel juga akan semakin meningkat. Terlebih pada saat perangkat sedang dalam status di charger (cas) atau sedang dalam pengisian daya batrai, wih terasa banget tuh panasnya.

Bahkan saking panasnya suhu ponsel, Seandainya cassing belakang (penutup batrai) kita lepas, kemudian kita tuangkan cairan telur diatasnya pasti telur tersebut bakalan masak mateng. Kalau tidak percaya silahkan agan-agan mencobanya sendiri di rumah. Dan lihat apa yang akan terjadi selanjutnya setelah telur itu tadi diletakkan diatasnya.

Muehehhe bercanda gan, tidak usah di praktekkan!!! Entar mentang-mentang dirumahnya kebetulan sedang kehabisan Gas LPG, malah dipraktekkan benaran sama sampeyan. Wah jangan gan, bahaya!#madurace.com

Untuk lebih rincinya berikut saya jelaskan atau lampirkan kenapa ponsel android itu ketika membuka aplikasi-aplikasi tertentu sering mengalami peningkatan suhu yang sangat panas. diantaranya adalah disebakan karena sebagai berikut:

1). Aplikasi Masih Belum Optimal (bermasalah). 

Akibat desain yang buruk, sebagian aplikasi mungkin terus-menerus menggunakan CPU (processor) ponsel di latar belakang. Sehingga dapat mengakibatkan sistem berjalan tidak optimal yang pada akhirnya menyebabkan suhu ponsel meningkat (panas).

Makanya jangan heran jika pada aplikasi-aplikasi tertentu terkadang kita sering mendapatkan sebuah notifikasi untuk segera mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Itu artinya pihak pengembang sudah melakukan perbaikan terhadap aplikasi-aplikasi lawas yang didalamnya masih terdapat banyak kekurangan.

2). Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan.

Bagi sebagian pengguna Android, mungkin rasanya kurang afdal jika di hp Android yang dimilikinya itu hanya membuka satu aplikasi saja. Mereka maunya pingin main game sambil mendengarkan musik, plus online di media sosial dan Instant Messenger tanpa memikirkan dampaknya.

Padahal menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang secara bersamaan, dapat mengakibatkan CPU kelebihan beban dan suhu ponsel meningkat secara drastis (Seperti yang telah saya singgung sebelumnya di awal paragrap). Jadi intinya, semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka suhu ponsel akan semakin cepat meningkat (panas).

3). Menjalankan / menggunakan Aplikasi yang Rumit.

Yang dimaksud rumit disini bukan aplikasinya yang rumit untuk digunakan, Bukan! Maksudnya adalah aplikasi-aplikasi yang mempunyai kapasitas tinggi, fitur lengkap, online, dan banyak orang yang menggunakannya (viral). Misalnya memainkan game, nonton video, buka Facebook, BBM, dan lain sebagainya. 

4). Membuka Aplikasi Sambil isi Daya Batrai (Charger / Cas).

Kalau yang ini saya rasa tidak usah dijelaskan lagi, karena kalian sendiri sudah pada mengetahui bagaimana jadinya jika kita membuka ponsel sambil menjalankan sebuah aplikasi disaat hp sedang di isi daya. #mdrc.com

Lalu, apakah suhu panas itu dapat berdampak buruk pada kesehatan ponsel?

Ya tentu, dan itu sangat jelas sekali. Karena temperatur hp yang tinggi dapat mempengaruhi multitasking atau kinerja ponsel, menjadikannya lambat, terhenti atau restart. Perangkat hp Android yang berjalan pada temperatur tinggi untuk waktu yang terlalu lama mungkin mengakibatkan keausan komponen elektronik bagian dalam dan mengurangi umur layanan ponsel. Bahkan bisa menyebabkan ponsel menjadi bootlop dan tidak bisa menyala sama sekali. 

Lantas bagaimana caranya agar suhu ponsel tidak terlalu panas ketika sedang menjalankan aplikasi?

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa mengatasinya dengan cara menggunakan jasa dari aplikasi pihak ketiga. Sehingga nantinya ketika kita menjalankan sebuah aplikasi, baik yang  dibuka secara berjamaah maupun sendirian, temperatur hp tidak terlalu berbahaya atau panas.

Berikut langkah-langkahnya:

1). Pertama install dulu aplikasi yang bernama Cooler Master (silahkan download aplikasinya di Play Store).

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasi yang bersangkutan.

3). Kemudian akan tampil sebuah halaman yang berisi tentang info status penggunaan CPU dan RAM. Lalu dibagian paling bawah silahkan klik Deteksi Aplikasi Yang Panas. (tunggu hingga proses pencarian aplikasi terdeteksi)

4). Selanjutnya jika aplikasinya sudah ditemukan atau sudah terdeteksi, sekarang pilih Bersihkan untuk mendinginkan suhu ponsel yang panas. 

5). Selesai.

Dengan melakukan tips diatas, maka kondisi ponsel yang sebelumnya terasa panas bisa berangsur-angsur menjadi cool dan kondisi ponsel tetap stabil. 

Bagikan jika bermanfaat