Cara Mengatasi Aplikasi Yang Muncul Tulisan "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di HP Android


Madurace.com - Samrtphone Android itu bisa diibaratkan dengan sepeda motor yang sering kita pakai dalam sehari-hari. Dimana pada saat-saat tertentu kita harus merawat atau menservicenya agar kualitas mesin bisa terjaga dan tetap awet. Karena bagaimanapun juga, semakin sering sepeda motor tersebut dipakai atau digunakan, tentu dapat mengurangi performa yang ada didalam mesin ataupun diluar dari itu.

Sehingga kita sebagai pengguna harus pintar-pintar dan selalu konsisten merawatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Kalau hal itu sampai terjadi, tentu yang merasa rugi dan rowet bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri yang merasakan semua itu.

Makanya ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi, kalau kita resapi dengan hati yang paling dalam, isi dari kandungan pepatah tersebut sangatlah benar untuk kita amalkan. Karena dengan mengingat-ingat kandungan kalimat sakral itu tadi, kita bisa menjadi manusia yang mempunyai sifat yang selalu hati-hati terhadap segala hal. Baik itu yang ada dalam diri kita sendiri, maupun yang ada disekitarnya (miliki). Bahkan tidak terkecuali dengan barang yang kita miliki saat ini yaitu HP Android.

Sekalipun perangkat ponsel yang sering kita pegang dalam sehari-hari ini bukanlah kebutuhan internal, mau tidak mau kita juga harus menjaga performanya. Karena bagaimanapun juga, jika hal itu tetap dibiarkan atau disepelekan, tentu kalau suatu saat nanti ada apa-apa, pasti yang merasakan goncangan emosi adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Jadi, jangan cuma kebutuhan internalnya saja yang kita pikirin, tapi kebutuhan eksternalnya juga dipikirin. 

Kalau kita menyepelekan kualitas sebuah ponsel yang kita miliki, sudah tentu statusnya akan seperti nasib sepeda motor yang telah saya singgung di paragrap pertama itu tadi. Karena bagaimanapun juga cara kerjanya dari kedua perangkat tersebut hampir tidak ada perbedaan. Keduanya juga sama-sama membutuhkan perawatan dari si empunya. Kalau si empunya kurang memperhatikan perawatan akan barang yang dimilikinya itu, maka jangan heran jika sepeda motor yang ditungganginya tersebut sering mogok di tengah jalan. 

Begitu juga dengan nasib perangkat Android yang tidak dirawat akan mengalami hal yang serupa ketika ponsel di operasikan. Dimana terkadang ketika pengguna mau membuka sebuah aplikasi, maka secara tiba-tiba aplikasi yang bersangkutan mengalami force close dengan sendirinya. Bahkan yang lebih parah lagi muncul notifikasi "Sayangnya aplikasi Telah Berhenti" atau bila settingan ponselnya menggunakan bahasa inggris akan muncul notifikasi  seperti berikut ini "Unfortunately, aplications has stopped".

Ponsel-ponsel yang mengalami masalah seperti itu tidak lepas karena penggunanya kurang memperhatikan kesehatan perangkat ponsel itu sendiri. Sedangkan ponsel yang bersangkutan termasuk salah satu hp yang sangat aktif. Dimana pengguna terus-menerus menggunakan ponsel tersebut dengan membuka atau menginstall aplikasi-aplikasi yang mempunyai kinerja yang sangat berat tanpa di imbangi dengan spek dan perawatan yang memadai. Sehingga kondisi ponsel tidak stabil sebagaimana mestinya. Dan kalau seandainya ponsel itu sendiri mempunyai mulut seperti manusia, mungkin hp tersebut akan mengeluh dan menjerit layaknya manusia yang tidak sanggup memikul beban yang dideritanya.

Makanya jangan heran jika diantara kalian mendapati aplikasi yang tidak bisa dibuka dan hanya muncul sebuah notifikasi seperti gambar diatas. Itu tandanya hp yang bersangkutan sedang ngambek alias marah. Cuma yang mau ngomong ia sendiri tidak bisa karena tidak punya mulut. Mueheheheh. 

Nah agar hp kalian tidak mengalami masalah seperti ini atau kebetulan saja ponselnya sudah mengalami hal seperti ini kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1). Merestart Ponsel Android

Jika masalahnya bukan hanya terjadi di satu aplikasi saja, atau dalam artian dialami lebih dari satu aplikasi, maka kalian bisa mereboot/restart hp agan. Karena dengan melakukan Restart, kondisi ponsel akan kembali rileks dan semua sistem yang awalnya sibuk banting sana-banting sini akan normal kembali.

Itulah alasannya kenapa kita dianjurkan merestart ponsel yang kita miliki minimal satu kali dalam 3 hari. Itu bertujuan agar sistem yang ada didalam perangkat tidak bekerja secara terus menerus. Jika hal itu tetap dibiarkan, maka kinerja ponsel akan melemah dan berdampak pada aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya. 

2). Menghapus Cache dan Data Aplikasi.

Jika cara diatas kurang ampuh, kalian bisa mengatasinya dengan cara menghapus cache dan data aplikasi. Karena bagaimanapun juga, semakin lama dan sering digunakan sebuah aplikasi, maka cache dan data aplikasinya juga semakin menumpuk.

Jika cache dan data tersebut terus dibiarkan menumpuk, maka sudah pasti akan menghambat multitasking dari ponsel itu sendiri.

Untuk menghapusnya kalian bisa buka Pengaturan Telpon >> Lainnya >> Manager Aplikasi >> pilih aplikasi yang ingin di hapus cache dan datanya.

Setelah itu akan muncul sebuah halaman tentang info aplikasi yang bersangkutan. Dan disana kalian bisa menghapus keduanya.
(menghapus data bukan berarti aplikasi juga akan terhapus).

3). Memperbarui/Update Aplikasi

Jika di point nomor dua tadi tidak berhasil juga, kalian bisa memperbaharui atau mengupdate aplikasi terbaru. Karena bisa jadi sistem yang ada didalam aplikasi yang bersangkutan sudah tidak work lagi dengan ponsel agan.

4). Lakukan Hard Resert pada HP agan. 

Kalau ketiga cara diatas tersebut tidak ada yang manjur maka itu artinya penyakitnya bukan berada didalam aplikasi yang bersangkutan. Melainkan ada didalam ponsel itu sendiri.

Untuk mengatasi kasus seperti ini kalian bisa melakukannya dengan cara mereset ulang pada ponsel yang bersangkutan.

Dengan cara seperti ini sudah tentu masalah yang dialami ponsel kalian dapat teratasi. Karena dengan mereset, bukan cuma cache dan data yang ada didalam aplikasi saja yang akan terhapus melainkan semua cache dan data yang ada didalam ponsel itu sendiri juga akan terhapus. Misalnya seperti Video, gambar/foto, musik, file,  aplikasi pihak ketiga dan lain sebagainya juga akan terhapus.

Sehingga nantinya kondisi ponsel akan semakin enteng layaknya baru keluar dari pabrik dan settingan hp akan kembali berubah seperti semula. Persis seperti waktu pertama kali kalian baru beli dari toko. 

Bagikan jika bermanfaat