Ini Alasannya Kenapa HP Android Kamu Harus Di Root


Madurace.com - Sebagai pengguna Android, rasanya kurang afdal jika samrtphone yang kita miliki itu statusnya masih dalam kondisi yang tidak diroot (standart). Smartphone Android yang masih belum di root bagaikan makan sayur tanpa garam. Dimana rasanya kurang menggugah selera dan kurang nikmat.

Perlu kita ketahui bersama bahwa Smartphone Android yang kita miliki itu jika sudah di root ada kelebihan-kelebihan tertentu yang tidak bisa didapat di hp yang masih belum di root.  Meskipun tipenya sama, merknya juga sama, tetap saja hp yang sudah di root dengan yang masih standart (no root) nantinya terdapat perbedaan fungsi yang sangat signifikan.

Lalu perbandingannya, lebih baik manakah hp yang sudah di root dengan yang tidak diroot? Untuk menjawab pertanyaan itu tentu tergantung dari orang si mpunya perangkat itu sendiri. Karena bagaimanapun juga, untuk memilih sesuatu itu mestinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan passionnya masing-masing.

Jika si mpunya hanya pengguna biasa seperti bapak-bapak, ibu-ibu dan semacamnya tentu hp yang dimilikinya itu lebih baik tidak usah di root. Karena kebutuhan mereka rata-rata hanya digunakan untuk menghabiskan waktunya didalam jejaring sosial media dan Instant Messenger seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan BBM. Jadi type orang semacam ini tidak ada untungnya sama sekali bila ponsel androidnya itu harus di root.

Akan tetapi bagi seorang pengguna android yang ingin memodifikasi sebuah sistem yang ada didalamnya dan suka akan mengopreak ponsel, tentu meroot android yang dimilikinya sangat dianjurkan. Sebab tanpa melakukan root, mustahil apa yang ia inginkan akan tercapai. Karena dalam seni memodifikasi dan opreak-mengopreak sebuah ponsel, pengguna membutuhkan yang namanya akses root. Tanpa itu, sudah tentu sistem tidak akan memberikan izin kepada siapapun untuk mengeditnya secara leluasa. Maka dari itu, saya katakan sekali lagi, untuk type seseorang seperti ini lebih baik ponsel yang dimilikinya harus di root. Sehingga nantinya apa yang diinginkan tercapai dan menemukan dunia baru yang tidak pernah dialami di hp sebelumnya (standart).

Berikut kelebihan dari smartphone Android yang sudah di Root. 

1). Kompetible di semua Aplikasi.

Hp yang sudah diroot bisa menginstall hampir semua aplikasi dari berbagai sumber. Baik itu yang berasal dari Play Store maupun yang Non-Play Store. Semuanya bisa di terima oleh sistem tanpa ada notifikasi ini dan itu.

Bukankah hp yang tidak di root itu juga bisa menginstall aplikasi dari berbagai sumber gan? Iya betul. Tapi agan-agan harus tahu juga bahwa aplikasi yang ada digudang Play Store maupun yang berasal dari berbagai sumber lainnya tidak semua bisa di install melalui hp Android yang masih belum di root. Disana masih banyak aplikasi-aplikasi tertentu yang sifatnya cuma bisa di install melalui hp yang sudah di root saja. Sedangkan untuk hp yang no root tidak diizinkan oleh sistem.

2). Custom ROM Bikin Android Tambah Keren.

Dengan menggunakan Custom ROM, kalian bisa membuat tampilan android tambah keren dan bervariasi. Sehingga jika sewaktu-waktu kalian merasa bosen dengan tampilan yang sekarang, maka nantinya kalian bisa Menggantinya sebebas mungkin dengan tampilan yang beragam yang tidak dapat kalian temukan di ponsel standart (biasa).

3). Multitasking Android tambah Enteng 

Dengan melakukan root, kinerja hp Android agan akan lebih ringan dan enteng ketika hp sedang di operasikan diberbagai sektor. Entah itu ketika sedang ngenet, ngegame, nonton video online dan lain sebagainya. Dengan catatan hp yang bersangkutan menggunakan aplikasi yang bernama Greenify. Dimana aplikasi tersebut dapat berfungsi membuat kinerja RAM jauh lebih optimal dan lega.

4). Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) dan Malware.

Kalau di pikir-pikir, secara default sebenarnya aplikasi bawaan (bloatware) dari smartphone android itu bisa dibilang lumayan banyak jumlahnya. Bahkan kalau kita mau menghitungnya, aplikasi-aplikasi yang sudah menjadi bawaan pabrik tersebut bisa mencapai lebih dari 10 aplikasi. Namun dari sekian banyaknya aplikasi-aplikasi itu tadi pada kenyataannya tidak bisa di hapus secara permanen oleh hp yang masih belum di root. 

Akan tetapi, bagi hp Android yang statusnya sudah dalam kondisi root, hal semacam ini tidak ada masalahnya sama sekali. Karena semuanya bisa diatasi dengan menggunakan perantara aplikasi pihak ketiga yang bernama Link2SD dan semacamnya. Sehingga aplikasi bloatware yang awalnya tidak bisa dihapus itu tadi akan terhapus dengan mudah tanpa menemukan kesulitan apapun.

Bahkan malware-malware jahat yang sifatnya selalu menyembunyikan diri dibalik layar ponsel bisa ditaklukkan / dihapus oleh aplikasi yang satu ini. Jadi bagi agan-agan yang kebetulan ponsel androidnya telah kerasukan virus (malware) maka kalian bisa menghapusnya dengan menggunakan Link2SD. #mdrc.xom

Sebenarnya selain dari ke empat point itu, masih banyak kelebihan atau keuntungan yang lain dari hp Android yang sudah di root. Namun dengan alasan keterbatasan waktu, sekaligus rasa ngantuk sudah mulai mengusik mata, maka saya sendiri memutuskan untuk tidak melanjutkan dan mengulasnya secara keseluruhan.

Bagikan jika bermanfaat