2 Cara Untuk Mengetahui Arah Kiblat Melalui HP Android


Madurace.com – Sebagai seorang muslim sholat adalah satu-satumya perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan dan di nomor wahidkan dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya. Jika sholatnya baik, maka amalan ibadah yang lain juga baik. Begitu pula sebaliknya, jika ibadah sholatnya kurang baik (sempurna) maka ibadah yang lainnya juga kurang sempurna. Itulah kenapa sholat lima waktu itu disebut sebagai tiang agama.

Bahkan saking pentingnya, dalam situasi dan kondisi bagaimnapun sholat tetap harus ditunaikan bagi seorang muslim yang sudah Balig. Kewajiban ibadah lima waktu ini bersifat individual, tidak bisa diwakilkan dan bersifat universal bagi semua umat muslim, baik itu laki-laki maupun wanita.

Namun dalam kondisi dan situasi-situasi tertentu kewajiban sholat lima waktu ini diberi keringanan. Misalnya pada seseorang yang sedang sakit dan saat berada dalam perjalanan. Nah dalam perjalanan inilah yang sering kita alami ketika mau sholat terkadang tidak tahu arah kiblatnya dimana. Terlebih kalau perjalanan tersebut jaraknya sangat jauh dari rumah.

Karena bagaimanapun juga tidak semua orang ketika sedang melakukan perjalanan keluar kota atau luar propinsi , tidak sedikit yang tahu arah mata angin. Apakah dia menghadap ke Barat, ke Timur, Selatan, Utara dan lain-lain. Sehinggga tidak jarang diantara ketika mau sholat saling bertanya antara yang satu dengan yang lainnya.

Kata si A Barat itu arahnya kesana, kata si B arah Barat itu bukan kesana, sedangkan kata si C justru berlawanan dengan keyakinan keduanya. Akhirnya mereka berembuk atau sepakat untuk bertanya ke warga sekitar, dan hasilnya tidak ada yang benar. Semuanya sama-sama salah.

Tapi di era globalisasi yang serba canggih sekarang ini hal semacam seperti itu bukan lagi sebagai momok yang mengkhawatirkan bagi seseorang yang sering mengalami kehilangan arah. Karena dengan hadirnya berbagai smartphone dari berbagai OS, khususnya Android, pengguna bisa menentukan arah mata angin tanpa harus menguasai ilmu falak (perbintangan). Cukup memanfaatkan gadget android yang dimilikinya, maka ia nantinya bisa menjabarkan semuanya satu persatu.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui arah mata angin (kiblat) melalui hp Android? Caranya sangat gampang gan! Disini saya akan memberikan dua cara untuk mengetahui arah kiblat tersebut. Dimana dengan kedua cara ini kalian nantinya bisa membedakan mana yang arah Barat dan mana yang arah Timur. Berikut cara yang saya maksud.

1). Menggunakan Kompas.

Untuk mengetahui arah kiblat melalui ponsel Android, kalian bisa memanfaatkan aplikasi kompas yang sudah terinstall di hp agan. Dengan menggunakan kompas ini, maka kalian nanti bisa mengetahui mana yang barat mana yang timur. Karena ketika aplikasi tersebut dibuka, maka jarum kompasnya akan mengikuti posisi si pengguna. Jika kalian kebetulan saat ini posisi badannya menghadap ke Timur, maka jarum kompasnya juga demikian.
Lihat Gambar

Notes:
# huruf N (North) = Utara
# Huruf E (East)  = Timur
# Huruf S (South) = Selatan
# Huruf W (West) = Barat (Kiblat).

Tapi sayangnya aplikasi Kompas ini hanya tersedia di smartphone- smartphone tertentu sedangkan pada ponsel android versi Lollipop kebawah rata-rata masih belum ada. Jadi bagi kalian yang kebetulan di gadgetnya tidak ada aplikasi kompas dari bawaan pabrik, kalian bisa mendowloadnya di Play Store. Disana banyak kok aplikasi pihak ketiga yang fungsi dan kualitasnya sama dengan aplikasi bawaan pabrik. Tapi jangan sampai salah pilih ya, entar yang di install malah aplikasi situs Kompas bukan kompas penunjuk arah.

2). Menggunakan aplikasi Muslim GO  (Prayer Time Qiblat Al-Qur’an)


Jika kalian tidak mau menggunakan cara pertama, kalian bisa juga mencari arah kiblat dengan memanfaatkan aplikasi Muslim GO. Aplikasi yang satu ini digadang-gadang sebagai aplikasi pertama yang mendapatkan rekomendasi langsung dari Kementerian Agama (Kemenag) dan sudah dikenal luas oleh umat Muslim seluruh dunia.

Selain dari itu, aplikasi Muslim GO bisa dikatakan sebagai aplikasi multifungsi. Karena didalam aplikasi tersebut bukan hanya berfungsi untuk mencari arah kiblat saja melainkan juga berfungsi berbagai alat yang berhubungan dengan islami. Misalnya ada fitur AL-Qur’annya, Waktu Sholat, Kumpulan bacaan niat Shalat Sunnah, Kumpulan Do’a, Kalender Hijriyah dan lain sebagainya. Pokoknya didalam aplikasi yang bersangkutan benar-benar kaya akan fitur islaminya.

Jika tidak percaya silahkan download aplikasinya Muslim GO - Prayer Time Qiblat Al-Quran atau bisa juga kalian langsung pergi ke Play Store dan cari aplikasinya disana.

Kurang lebih begitulah cara mengetahui arah kiblat melalui ponsel android menggunakan kompas dan aplikasi pihak ketiga Muslim GO. Untuk lebih detail dan jelasnya bisa kalian di praktekkan sendiri dirumah.

Bagikan jika bermanfaat