Cara Memasukkan Semua Email (Massal) Secara Bersamaan Di Android


Madurace.com - Sejak lahirnya dunia maya, email adalah satu-satunya sarana yang berfungsi untuk mengirim dan menerima berbagai macam file. Baik itu yang berupa teks biasa (pesan), gambar atau foto, video dan lain sebagainya.
Sebelum adanya email, seseorang untuk mengirimkan sebuah pesan yang berupa teks harus dikirimkan melalui SMS, sedangkan untuk mengrimkan sebuah gambar/foto, pengguna mengrimnya lewat MMS.

Meskipun kedua sarana tersebut pengirimannnya sama-sama tidak membutuhkan koneksi internet, tapi biaya atau tarif yang di patok oleh keduanya tidak sama. Pengiriman melalui SMS jauh lebih murah dibandingkan dengan via MMS.

Misalnya kalau kita ingin mengirimkan sebuah pesan ke orang lain menggunakan SMS, maka tarif yang harus dibayar oleh kita adalah sekitar maksimal Rp. 350 (semua operator / domestik). Akan tetapi kalau kita ingin mengirimkan sebuah gambar / foto, maka harga yang harus dibayar oleh kita kurang lebih sekitar Rp. 650 -Rp.  1000 /MMS.

Namun dengan bergulirnya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi (telkomunikasi) yang begitu pesat, kedua sarana pengiriman tersebut berangsur-angsur mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Hal itu tidak lepas dengan ditemukannya penemuan terbaru (mutakhir) yang disebut dengan istilah internet.

Dengan adanya internet inilah muncul yang namanya Email. Dimana dengan email ini seseorang tidak hanya mengirimkan sebuah pesan teks dan gambar saja, melainkan juga bisa mengirimkan berbagai macam file lainnya yang tidak dapat dikirim melalui SMS dan MMS.

Sehingga tidak mengherankan jika dalam kurun waktu yang sangat singkat, para warganet satu persatu sudah mulai mengenal yang namanya email. Terlebih sejak adanya jejaring sosial yang bernama Facebook, maka semakin ramailah orang-orang yang mempunyai akunnya.

Kenapa dengan Facebook? Karena pada waktu itu ketika seseorang ingin membuat atau memiliki sebuah akun Facebook, maka persyaratannya harus punya akun email terlebih dahulu. Tanpa email, mustahil orang yang bersangkutan bisa akan lolos mendaftarkan diri disana. Tapi Itu dulu gan, bocah zaman sekarang mana tahu! Sekarang mah enak, cuma modal nomor ponsel doang, dalam hitungan tidak kurang dari 3 menit saja akun Facebook sudah jadi.

Rata-rata akun email yang mereka gunakan untuk membuat akun facebook tersebut masih menggunakan email dari Yahoo. Sedangkan untuk email yang berasal dari itu, misalnya seperti Gmail dan Hotmail pengguna masih belum banyak yang mengetahuinya.

Saya sendiri kalau tidak salah baru mengenal email yang berasal dari Gmail dan Hotmail sekitar akhir tahun 2011. Itupun saya membuatnya cuma kebetulan saja bukan di sengaja.

Lah kok bisa gan? Ya mana saya tahu! Tapi yang jelas pada waktu itu berawal dari ketika saya mencoba untuk belajar membuat blog. Kebetulan pada saat itu yang saya gunakan untuk mendaftar di situs blogger menggunakan email yang berasal dari Yahoo. Tapi setelah saya berhasil membuat akun bloggernya, disana saya dapat pemberitahuan bahwa email (yahoo) yang saya gunakan sebagai username blogger tersebut bisa diganti dengan email yang berasal dari Gmail. Dan kebetulan nama email yang saya gunakan itu tersedia di sana.

Jadi kalau misalnya email saya awalnya beralamatkan madurace@yahoo.com, maka setelah membuat email baru di Google akan menjadi madurace@gmail.com.

Alamat email yang terakhir itulah yang pada akhirnya saya gunakan sebagai tanda pengenal untuk masuk (login) ke situs Blogger. Dan sejak saat itu, akhirnya saya mempunyai dua buah akun email dengan ekstensi yang berbeda. Satu milik Yahoo dan satunya milik Gmail (Google).

Lantas apakah email yang berasal dari Yahoo itu akhirnya saya buang atau tidak terpakai? Tidak! Meskipun saya sudah memiliki email dari Google, Email tersebut sampai detik ini masih aktif dan masih digunakan. Malahan email yang berasal dari Yahoo itu yang lebih sibuk (aktif) bila dibandingkan dengan yang berasal dari Gmail.

Hanya saja jika mempunyai dua email dengan akun yang berbeda terkadang kita merasa ribet ketika mengoperasikannya. Karena mau tidak mau untuk mengoperasikan keduanya kita dituntut harus menggunakan dua aplikasi yang berbeda juga. Yang email yahoo harus login menggunakan aplikasi Yahoo, dan yang email gmail harus login menggunakan aplikasi Gmail.

Sedangkan jika login di browser mau tidak mau kita harus melakukan login-logout secara bergantian. Dengan melakukan seperti itu tentu kita merasa capek kalau terus-terusan masuknya selalu gonta-ganti email. Kecuali loginnya menggunakan browser yang berbeda. Yahhahaha kalau triknya seperti itu berarti tidak beda jauh dengan yang pertama yang menggunakan dua aplikasi yang berbeda itu gan.

Tapi itu dulu gan! Duluuu banget ketika hp Android tidak setenar seperti sekarang ini. Waktu zaman kalian masih heboh-hebohnya menggunakan gadget asal Kanada itu (Blackberry).

Kalau sekarang ceritanya lain gan, beda dengan yang dulu!!! Karena era Sekarang ini satu aplikasi bisa di masukkan (login) dengan beberapa akun email sekaligus dari berbagai sumber. Jangankan cuma dua, sepuluh akun email yang berbeda sekalipun bisa dimasukkan secara bersamaan (multilogin) hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Entah itu yang berasal dari Yahoo, Gmail, Hotmail, Edu dan lain sebagainya.

Intinya, sekali lagi saya kataka, satu aplikasi bisa login lebih dari satu, dua, tiga dan seterusnya akun email. Jadi kalau diantara kalian ada yang mempunyai email lebih dari dua akun, kalian nanti tidak usah repot-repot memasukkan emailnya satu persatu di aplikasi yang berbeda. Cukup ikuti tips yang sedang saya garap ini maka kalian nanti bisa memasukkan semua akun email yang kalian miliki didalam satu tempat.

Berikut tips untuk mengelola email yang banyak dalam satu aplikasi.

1). Pertama Buka aplikasi Gmail di Hp Android agan. (Kalau di ponsel agan tidak ada aplikasi Gmailnya, atau kebetulan sudah lawas, silahkan perbarui / install saja aplikasinya melalui Play Store).

2). Jika sudah (anggap saja kalian sudah membuka aplikasinya), sekarang klik "garis tiga" yang ada dipojok kiri atas. Selanjutnya gulir kebawah dan cari "Setelan / Setting"

3). Kemudian pilih "tambahkan akun". Lalu dilanjutkan dengan menyesuaikan salah satu alamat sumber email yang telah kalian buat sebelumnya.

4). Selesai. 

Catatan:
- Untuk mengelola beberapa email secara bersamaan kedalam satu aplikasi, kalian tidak harus menggunakan aplikasi Gmail saja sebagai tempat penampungannya, tetapi kalian bisa juga menampungnya menggunakan aplikasi email bawaan pabrik yang sudah tersedia di masing-masing perangkat. Dan cara penerapannya pun juga tidak ada perbedaan yang mencolok dengan step by step diatas.

Bagikan jika bermanfaat