Cara Membuat Status Jajak Pendapat Di Facebook


Madurace.com - Dari dulu sampai sekarang salah satu jejaring social yang bernama Facebook ini memang tidak ada henti-hentinya menambahkan berbagai fitur-fitur terbaru untuk memanjakan para penggunanya. Fitur yang sudah dianggap usang atau sudah tidak digunakan lagi oleh para penggunanya diganti dengan fitur terbaru. Jika fitur terbaru tersebut sudah dianggap sepi peminatnya, maka pihak Facebook menggantinya lagi dengan fitur-fitur yang lain. Begitulah seterusnya agar membuat para penggunanya merasa betah berselancar disana dan tidak pindah haluan ke jejaring sosial lain.


Dan terbukti sampai saat ini berkat terlalu seringnya melakukan pengupgrade-an fitur-fitur terbaru tersebut Facebook masih tetap eksis dan bertahan menjadi King of The Kingnya sosial media di Jagat Raya ini. Ratingnya tetap bertahan di puncak mengalahkan para pesaingnya. Sekalipun lahir jejaring-jejaring sosial media terbaru di dunia daring, kepopuleran Facebook tetap tidak ada yang menggeser dan menandinginya.

Bagaimana tidak mau bertengger dipuncak terus kalau membernya dikasih fitur terbaru mulu. Sedangkan fitur yang diberikan pesaingnya Cuma itu-itu saja tidak ada pembaruan. Sekalipun ada, itu tidak sebanding dengan yang disediakan Facebook. Palingan perbandingannya satu banding lima. Bahkan saking banyaknya penambahan fitur-fitur tersebut, saya sendiri sudah tidak bisa mengingatnya satu persatu lagi.

Rasanya baru kemaren saya memposting sebuah artikel di blog madurace.com ini tentang fitur terbaru cara membuat status dan komentar Facebook warna-warni, tapi sekarang  malah muncul lagi fitur yang lebih baru lagi yang bernama Status Jajak Pendapat.

Dimana fitur yang satu ini nantinya bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh para warga Facebooker untuk dijadikan sebagai survei dari berbagai sektor. Entah itu mau dibuat survei untuk mengetahui elektabilitas dari calon Presiden, Gubernur, Bupati ,dan lain-lain.

Bukan hanya dilingkup dalam pemerintahan saja yang mau di jadikan jajak pendapat, diluar dari itu juga bisa dijadikan sebagai survey untuk mengetahui siapa (objek) yang diunggulkan. Sebagai contoh misalnya dibidang olah raga Sepak Bola, kita nantinya bisa mengadakan jajak pendapat di dalam beranda  group yang banyak anggotanya. Kemudian disana kita membuat jajak pendapat dengan status yang sifatnya berbentuk kalimat Tanya seperti dibawah ini:

1). Menurut teman-teman klub manakah yang bakalan lolos ke final liga Champons 2017/2018?
a. Liverpool
b. AS Roma.

2). Menurut kalian klub mana yang pantas menjadi juara liga Champions 2017/2018?
a. Real Madrid
b. Bayern Munchen.

Atau kalau kalian ingin melakukan jajak pendapat tentang siapa yang bakalan menjadi juara (Championship) Moto GP 2018, Maka kalian bisa membuat statusnya seperti ini.
“ Siapakah yang akan menjadi juara dunia Moto GP 2018? ”
a). Mark Marquez
b). Valentino Rossi

Atau kalau kalian ingin melakukan jajak pendapat tentang siapa yang berhak menduduki kursi RI satu (Presiden) periode 2019-2024, maka kalian bisa membuatkan statusnya seperti ini
Pada pemilihan Presiden 2019 nanti, kalian mau pilih siapa?”
a). Bapak Joko Widodo
b). Bapak Prabowo

Kurang lebih begitulah gambaran dari status jajak pendapat yang saya maksud. Harap dimaklumi jika banyak teman-teman yang masih belum memahami inti dari isi artikel diatas. Karena saya sendiri sebenarnya tidak bisa menulis artikel yang berkualitas yang sifatnya enak dibaca dan mudah dipahami.

Oke sekarang kita lanjut ke langkah-langkah cara Membuat Status Jajak Pendapat.
1). Seperti biasa, buka aplikasi facebook agan

2). Kemudian buat status yang ingin dijadikan “Jajak Pendapat” . (terserah mau buat jajak pendapat apaan). Dalam kasus ini saya memilih Mark Marquez dan Valentino Rossi sebagai tumbal. Karena persaingan keduanya sekarang sedang viral

3). Jika statusnya sudah di tulis, sekarang gulir keatas layar ponsel agan dan pilih Jajak Pendapat.

4).  selanjutnya pada kolom:
- Opsi 1 : (diisi Mark Marquez) dan upload fotonya.
- Opsi 2 : (Diisi Valentino Rossi) dan upload juga fotonya

5). Jika masing-masing opsi sudah diisi dan fotonya sudah di unggah / upload, sekarang pilih BAGIKAN.
6). SELESAI.
Dan hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Bagikan jika bermanfaat