Cara Terbaru Melakukan Screenshot Yang Sangat Panjang di HP Android

Madurace.com - Fitur screenshot atau menangkap tayangan layar ponsel merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna smartpone Android. Dengan adanya fitur semacam ini, tentu sangat bermanfaat bagi kita semua mengingat  caranya yang sangat praktis dan simple.

Sebelum adanya fitur ini, ketika pengguna ingin membagikan tampilan yang ada didalam gadgetnya, ia terlebih dahulu harus menggunakan ponsel lain untuk mengcapturenya. Karena didalam ponsel yang ingin diambil tampilan layarnya masih belum tersedia fitur yang bernama screenshot ini. Jadi mau tidak mau, pengguna harus menjepretnya dengan ponsel lain persis seperti ketika kita ingin memotret  / memfoto orang atau pemandangan yang ada disekitarnya.

Dan hasilnya pun terkadang kurang memuaskan karena terpengaruh oleh pembiasan cahaya yang ada disekitarnya. Apalagi waktu pengambilannya pada saat dalam keadaan samar-samar (agak gelap/tidak gelap benaran) tentu hasilnya kurang sempurna. Selain dari itu, hasilnya bukan cuma didalam layar ponselnya saja yang ditampilkan tapi di luar dari itu juga kebagian ikut Misalnya seperti casing ponsel dan tempat. Bahkan terkadang salah satu jari-jari tangan kita juga kena jepretannya.

Namun dengan hadirnya fitur screenshot yang sudah tersedia diberbagai merk samrtphone android, kini pengguna tidak harus lagi repot-repot menggunakan ponsel lain untuk menangkap layar ponselnya. Cukup menekan beberap tombol yang ada dibagian ponsel maka tampilan layar sudah didapat /ditangkap layaknya di jepret melalui HP lain. Dan hasilnya sangat sempurna dan sangat jelas.

Akan tetapi sekalipun fitur screenshot ini sudah dikatakan sempurna, terkadang pada saat-saat tertentu ketika kita ingin atau sedang mengcapture sebuah halaman-halaman tertentu, baik itu yang ada didalam ponsel itu sendiri maupun yang ada diluarnya seperti dihalaman social media Facebook, WhatsApp, Pesan Messenger, Situs dan lain sebagainya, hasilnya tidak seluruhnya tercapture. Atau hanya tertangkap menyesuaikan ukuran panjang dari layar ponsel itu sendiri sedangkan untuk kebawahnya masih banyak yang tidak tercapture.

Sehingga untuk mengcapture sisanya itu kita harus menscreenshotnya hinnga berkali-kali. Namun setelah hasil screen itu dibagikan / dikirimkan ke orang lain, terkadang si penerima mengalami kebingungan untuk memahaminya mana hasil screenshot yang pertama dan mana hasil selanjutnya (mungkin diantara kalian juga pernah mengalami hal seperti ini diberanda Facebook).

Lalu bagaiamana caranya agar di ponsel android yang kita miliki itu bisa long screenshot? Sedangkan secara default screenshot itu hanya bisa menghasilkan satu halaman saja. Caranya sangat gampang gan! Untuk menghasilkan tangkapan layar yang memanjang lebih dari satu halaman itu kita harus memanfaatka aplikasi pihak ketiga aplikasi Long Shot.

Dengan menggunakan aplikasi yang bernama LongShot ini, kita nantinya bisa menscreenshot layar ponsel lebih dari satu halaman. Jadi kalau kita menggunakan aplikasi ini, halaman yang seharusnya tidak kebagian ruang akhirnya bisa teratasi.

Berikut cara untuk menscreenshot menggunakan aplikasi LongShot.
1). Pertama-tama seperti biasa download dan install dulu aplikasi LongShot di Hp agan (silahkan ambil aplikasinya di Play Store, gratis).

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasinya.

3). Kemudian kalian akan dibawa ke interface atau halaman muka dari aplikasi LongShot, pilih saja “Menangkap Layar”. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi yang berisi tentang tata cara untuk memulai screenshot.

4). Lalu cari halaman yang ingin di screenshot panjang,(dalam tutorial ini saya mengambil  contoh halaman atau beranda Facebook), jika sudah ketemu sekarang klik “Mulai”.

5). Selanjutnya scroll atau gulir kebawah untuk menangkap halaman/gambar hingga muncul tombol yang bertuliskan selesai berwarna merah. (lakukan langkah ini berkali-kali sesuai yang kalian mau).

6). Jika penangkapan layarnya sudah dirasa puas, sekarang klik tombol  “selesai” yang berwarna merah barusan untuk mengakhirinya.

7). Kemudian pilih Gabungkan hasil dari screenshot tadi. Dan yang terakhir, agar hasilnya tidak berantakan pilih sesuaikan. 

Jika sudah di edit atau sudah disesuaikan sekarang pilih simpan. Dan silahkan lihat hasilnya Galery.

8). Selesai.
Inilah hasilnya!!!
Kalian bisa mencoba membuat screeshot yang lebih panjang lagi daripada yang ini gan! Selamat mencoba....!!!!

Catatan:
“Apabila aplikasi LongShot ini tidak kompetible di android agan,kalian bisa mencobanya menggunakan aplikasi long screenshot yang lain seperti Scroll Captur,dan aplikasi Stitch & Share. Kedua apliaksi tersebut fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi LongShot”.

Bagikan jika bermanfaat