Cara Terbaru Mengubah Video Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


Madurace.com - Sebenarnya kurang lebih dua tahun yang lalu di blog madurace.com telah membahas cara merubah File video menjadi MP3 di smartphone Android. Namun didalam artikel tersebut konsep yang diterapkannya, atau bahasa step by stepnya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubanya. Akan tetapi untuk tutorial kali ini sekalipun judul artikelnya sama, tapi cara penerapannya beda. Karena pada artikel yang sedang saya garap ini caranya lebih praktis dan lebih simpel.

Sehingga nantinya ketika kalian ingin mengganti sebuah video menjadi format MP3 akan lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya. Kenapa saya bilang lebih gampang? Karena tutorial yang kedua ini cara penerapannya tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi nantinya kalian tidak harus susah-susah menginstall aplikasi lain melalui Play Store. Cukup pelototin dan ikutin secara seksama artikel ini sampai selesai, maka kalian nanti bisa mengubah video yang berekstensi MP4 menjadi MP3.

Sekalipun cara ini tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun software-software tertentu, hal itu tidak akan mengurangi kualitas dari suara video yang bersangkutan. Bahkan jikalau kita bandingkan dengan cara yang pertama (sebut saja menggunakan aplikasi pihak ketiga) hasilnya lebih bagus.

Biasanya kalau kita mengubah video menjadi MP3 menggunakan aplikasi pihak ketiga itu hasilnya gimana gitu! Kedengarannya audio yang dipancarkan atau yang masuk kedalam gendang telinga kita itu terdapat perbedaan yang sangat jauh antara sebelum dan sesudah diubah menjadi MP3. Suara yang seharusnya (sebelum diubah menjadi MP3) ketika didengar terasa lembut dan bening, malah setelah diganti formatnya menjadi kurang enak di dengar. Tapi itu semua tidak akan mengurangi irama atau bunyi dari video yang bersangkutan.

Namun sebaliknya apabila kita mengubah atau menggantinya dengan cara kedua yang sedang kalian baca ini, maksudnya tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun software-software tertentu, audio atau bunyi yang dihasilkan seolah-olah tidak ada perubahannya sama sekali. Suaranya tetap lembut dan enak didengar tanpa ada perubahan sedikitpun seperti suara aslinya.

Lalu apa yang menyebabkan keduanya terdapat perbedaan hasil? Sedangkan video yang digunakan untuk diganti menjadi MP3 tersebut sama! Penyebabnya karena kalau kita menggunakan cara yang pertama (aplikasi pihak ketiga) ketika video yang bersangkutan berhasil diubah menjadi MP3, maka ukuran filenya akan tercompres atau menyusut. Sehingga file yang awalnya berukuran besar menjadi kecil. Misalnya file video yang awalnya mempunyai kapasitas 50 Mb akan berubah menjadi  5 Mb. Jadi yang namanya file, entah itu file yang berupa gambar / foto, video, music dan lain sebagainya kalau kita compres, maka hasilnya tidak sebagus file aslinya.

Adapun cara kedua (yang tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga), ketika kita berhasil menggantinya maka kapasitas filenya tetap tidak berubah. Misalnya ukuran video sebelum diganti menjadi mp3 mempunyai kapasitas 50 MB, Maka setelah kita berhasil mengubahnya ukuran kapasitasnya tetap 50 MB. Sehingga nantinya ketika mp3 hasil oprekan dari video tersebut suaranya tetap bagus seperti aslinya.

Lantas kesimpulannya kita mau pilih yang mana gan? Kalau itu mah tergntung dari kalian masing-masing! Karena diantara keduanya sama-sama terdapat kelebihan dan kekurangannya. Namun menurut saya pribadi (kalau saya sendiri yang memilihnya), saya memilih cara yang kedua yang tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kenapa saya pilih cara yang kedua? Karena cara yang ini sangat praktis, dan tidak harus menumpuk aplikasi-aplikasi segala. Selain dari itu, video yang telah diubahnya menjadi mp3 itu tadi bisa kita kembalikan menjadi video lagi bila sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

Maksudnya gimana gan? Kok saya masih belum mudeng (ngerti) maksud sampeyan itu gimana?! Maksudnya begini gan! Misalnya kalian sudah berhasil mengubah filenya menjadi format MP3, maka file MP3 tersebut bisa kalian ubah kembali filenya menjadi video lagi. Jadi kalau nantinya kalian sudah bosen dengan yang MP3-nya, maka nantinya kalian bisa menggantinya kembali ke semula menjadi video. Begitupula sebaliknya dan seterusnya hingga kalian benar-benar merasa bosan terhadap keduanya.

Gimana? Mau mencoba atau mempraktekkannya! Kalau iya, simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengganti Video Menjadi MP3 Tanpa Aplikasi di HP Android.

1). Pertama nyalakan ponsel agan.

2). Jika sudah, sekarang buka File Manager atau File Saya atau Pengelola File atau Manager File (intinya folder / aplikasi penyimpanan file ini tidak sama antara hp yang satu dengan yang lainnya. Jadi nantinya disesuaikan saja dengan ponsel yang agan miliki)

3). Selanjutnya cari video yang ingin diubah formatnya menjadi MP3.

4). Jika sudah ketemu video yang dimaksud, sekarang tekan agak lama video tersebut hingga muncul  halaman notifikasi kemudian pilih lainnya. Lalu dilanjutkan dengan memilih Ganti Nama

5). Jika sudah, sekarang ganti / Ubah format .MP4 Menjadi .MP3

6). Terakhir klik OK . Selesai

(nanti hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini, dan mp3 siap diputar)

Catatan:
# cara diatas saya praktekkan menggunakan smartphone Android  Merk VIVO dan terbukti berhasil.

# tidak semua hp work (bisa) menggunakan tips diatas. Karena di ponsel-ponsel tertentu ketika formatnya mau diganti, yang muncul hanya nama videonya saja sedangkan format .mp4 –nya tidak ada. Jika diantara teman-teman ada yang mengalami seperti itu,maka kalian bisa mengakalinya dengan cara mengedit formatnya melalui aplikasi X-Plore.


Bagikan jika bermanfaat