Cara Memblokir Pemberitahuan Siaran Langsung Facebook Agar Tidak Muncul di Akun Kita


gambar video siaran langsung Facebook

Madurace.com - Sejak berdiri pada tahun 2004, jejaring media sosial yang dikembangkan/dikelola oleh Mark Zuckerberg ini tiada henti-hentinya bertransformasi menjadi portal yang lebih sempurna. Dari waktu ke waktu,dari tahun ke tahun pihak Facebook selalu memperbaiki atau mempebarui fitur-fitur yang ada dialamnya untuk memanjakan para penggunanya.

Hal itu bertujuan agar para Facebooker tidak merasa jenuh menikmati fitur-fitur yang sudah lawas yang hanya itu-itu saja. Karena jika hal tersebut terus di biarkan, maka sudah tentu secara lambat-laun Facebook akan ditinggalkan oleh para penggunanya mengingat bermunculannya jejaring-jejaring sosial yang baru.

Dan terbukti hingga saat ini berkat kerja keras dari tim yang selalu berinovasi dari waktu ke waktu membuat Facebook dapat perhatian surplus dari para membernya dan tetap bertahan menjadi jejaring sosial yang paling tinggi ratingnya mengalahkan para pesaingnya.

Terlebih sejak hadirnya fitur-fitur terbaru seperti “Siaran Langsung” yang dirilis beberapa bulan yang silam membuat para Facebooker semakin sering berselancar didalamnya. Hampir setiap aktivitas yang dilakukan di dunia nyata selalu di share ke dunia maya melalui Facebook secara LIVE.

Tidak peduli berapa kuota atau data internet yang mereka keluarkan selama melakukan “Siaran Langsung”. Yang terpenting bagi mereka apa yang dilakukannya bisa diketahui oleh khalayak umum, masalah kuota dan lain-lain mah belakangan. Poko’e sing paaaaling penting bisa membuat hati merasa Happy.

Namun tidak semua pengguna merasa nyaman terhadap adanya fitur tambahan Siaran Langsung tersebut. Adakalanya sebagian kecil dari para pengguna merasa agak sedikit terganggu dengan adanya fitur semacam ini. Bahkan merasa jengkel. Salah satunya orang yang dimaksud adalah saya sendiri.

Sebenarnya Saya tidak menyukai itu bukan dari segi fitur ”Siaran Lansgung”-nya melainkan dari segi orang yang sering menggunakan fitur itu sendiri. Karena orang yang bersangkutan memanfaatkannya bukan digunakan secara wajar melainkan digunakan secara berlebih-lebihan (Alay).

Bagaimana tidak merasa sebal bin jengkel coba! Dikit-dikit siaran langsung, mau melakukan itu dan ini siaran langsung, mau kerja siaran langsung, ada didalam pasar siaran langsung, apalagi pas mau makan yang kebetulan menu makanannya lezat-lezat dan mewah, wuh jangan Tanya lagi. Pokoknya rasanya kurang sreg deh kalau tidak di tontonkan di portal Facebook.

(Kemudian yang baca bergumam dalam hati)
“Lah itukan haknya orang lain gan, kenapa harus sampeyan yang sewot? Wong perangkat dan akun Facebooknya milik saya sendiri, jadi saya bebas mau ngapain!”

Yang punya smartphone memang ellu, yang punya akun memang ellu, yang siaran langsung memang ellu, tapi kalau Kamu sering melakukan siaran langsung yang tidak ada manfaatnya itu yang dapat pemberitahuan/notifikasinya akun Gue monyong” (Dibaca seperti LOGAT ceramahnya KH.Zainudin MZ).

Jikalau siaran langsungnya Cuma 1 satu kali dalam 24 jam dan bermanfaat, itu mah masih mendingan tidak masalah. Lah ini yang ditayangkan sudah tidak berbobot, malah siaran langsungnya dalam sehari saja berkali-kali, rasanya gimana gitu. Masak dapat pemberitahuan/notifikasi siaran langsung bertubi-tubi dari orang yang sama. Mau di blokir atau membatalkan pertemanan gak enak sama orangnya, mau ditegur juga gak enak karena ia lebih tua dari Saya.

Tapi untungnya pihak Facebook sendiri memberikan pengaturan tentang fitur video “Siaran Langsung” ini yang bisa di non-aktifkan. Sehingga nantinya pada saat kita merubah settingannya dengan cara menonaktifkannya tersebut, maka kita tidak lagi mendapatkan notifikasi/pemberitahuan yang muncul secara bertubi-tubi diatas bar ketika ada pengguna lain yang sedang melakukan siaran langsung.

Berikut langkah-langkah cara menyetting atau mencekal agar pada saat salah satu diantara teman yang sedang melakukan siaran langsung tidak ada pemberitahuan yang masuk kedalam akun Facebook kita.

1). Pertama login/buka akun Facebook kalian.

2). Jika sudah, Sekarang buka Pengaturan (letaknya ada di pojok kanan atas, garis tiga).

3). Lalu pilih “Pengaturan Pemberitahuan” lalu dilanjutkan dengan memilih ”Video Siaran Langsung”.

4). Kemudian untuk menon-aktifkannya gulir ke kiri di kedua scroll seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

5). Selanjutnya kalian akan mendapati sebuah notifikasi untuk memastikan apakah kalian benar-benar ingin mematikan pengaturan ini atau tidak? Kalau iya, silahkan pilih Matikan. Selesai

Setelah kalian mengikuti step by step diatas, maka kalian tentunya sudah berhasil mematikan pengaturannya. Dan nantinya akun kalian sudah tidak dapat lagi menerima pemberitahuan dari Facebook ketika teman-temannya sedang melakukan video siaran langsung.

Catatan:
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tunggu hingga 24 jam.

Bagikan jika bermanfaat