Cara Mencekal Pemberitahuan Ulang Tahun Teman Facebook


Gambar Ulang TAHUN facebook

Madurace.com - Jika kemaren Saya telah suskses mempublish sebuah artikel tentang salah satu fitur yang ada didalam jejaring sosial Facebook, atau lebih tepatnya tentang cara memblokir notifikasi atau pemberitahuan orang yang melakukan video siaran langsung, maka untuk tutorial kali ini Saya akan tetap membahas tentang seputar fitur Facebook pula. Yakni tentang cara memblokir pemberitahuan / notifikasi Ulang Tahun Teman Facebook.

Dimana fitur yang satu ini juga sering nongol di akun Facebook kita melalui pemberitahuan ketika ada salah satu diantara teman kita yang tanggal lahirnya sudah genap mencapai satu tahun. Atau dengan kata lain orang yang besangkutan di hari itu pula sedang berualang tahun.

Bagi pengguna yang banyak pertemanannya, mungkin hampir setiap hari mendapatkan pemberitahuan “Ulang Tahun” seperti ini. Hal itu tidak dapat di pungkiri mengingat tiap-tiap pengguna didalam profilenya mencantumkan tanggal kelahirannya. Entah yang dipasang itu valid atau sembarang. Yang jelas dalam sehari saja terkadang ada lebih dari satu sampai dua pengguna / orang yang berulang tahun bahkan bisa sampai 10 orang dalam hari yang sama.

Palingan akun Facebook yang tidak pernah merasakan ulang tahun milik saya sendiri. Lah kok bisa gan? Ya bisalah wong tanggal kelahirannya ketika hampir sampai  ke hari ulang tahunku di edit ke hari atau bulan yang sudah lewat sebelumnya.

Misalkan tanggal kelahiranku di profile Facebook tercatat 6 Agustus 1994, maka untuk menghindari ucapan ulang tahun tersebut saya ubah tanggal dan bulannya menjadi 6 Juli, atau bisa juga 10 juli, 20 Juli, 5 Agustus dan lain-lain. Intinya tanggal dan bulan yang akan diganti atau diubah tersebut sebelum tanggal 6 Agustus.

Lagian, kalau tidak di edit entar saya kewalahan dapat ucapan Happy Birthday dari teman-teman. Dikit-dikit dapat notifikasi, dikit-dikit dapat pemberitahuan, setelah di buka isinya “Selamat Ulang Tahun ya”, belum sempat membalas terima kasih, eh muncul lagi push pemberitahuan yang isinya kurang lebih hampir sama semua.

Kalau pas ngucapin ulang tahunnya sambil bawa kue ya gak apa-apa, itu mah saya sangat suka. Lah ini Cuma tulisan doang, dikit lagi! Mau dijadikan apa? Dikasih ke Ayam saja tidak mau, apalagi saya (Mueheheheh sombongnya).

Oiya bagi teman-teman yang sehati dengan Saya, maksudnya jika akun Facebook yang kalian miliki itu nanti tidak ingin ada ulang tahunnya, kalian bisa mengikutin dan mengakalinya dengan cara seperti yang Saya uraikan barusan. Sehingga nantinya tidak ada lagi teman yang mengucapkan selamat ulang tahun di Time Line Facebook kalian.

Oke sekarang kita bahas kebalikannya, yaitu cara mematikan notifikasi atau pemberitahuan orang yang berulang tahun di Facebook. Karena bagaimanapun juga, sekalipun hal semacam ini termasuk masalah yang sangat sepele, dan tidak seharusnya perlu dibahas, maka kalau tetap dibiarkan kita merasa bosen juga jikalau setiap hari mendapati atau melihat kabar yang itu-itu saja. Misalnya Sekarang si A yang Berulang Tahun, besoknya lagi giliran Si B yang berulang tahun, Lusanya giliran si C, begitulah seterusnya akun kita kedatangan tamu yang inti permasalahannya sama.

Jadi, bagi kalian yang merasa bosan dengan hadirnya notifikasi ucapan selamat ulang tahun ini, maka kalian bisa mencegah atau memblokirnya melalui pengaturan yang telah disediakan oleh pihak Facebook sendiri. Sehingga nantinya pemberitahuan sampah semacamnya ini tidak nongol lagi di akun Facebook kalian. Dan kalian tentunya merasa lebih rileks dan tidak sibuk dibandingkan dengan sebelumnya.

Berikut cara menon-aktifkan Pemberitahun Ucapan Selamat Ulang Tahun Teman Facebook:

1). Pertama login/buka akun Facebook kalian.

2). Jika sudah, Sekarang buka Pengaturan (letaknya ada di pojok kanan atas, garis tiga).

3). Gulir kebawah hingga menemukan “Pengaturan Pemberitahuan”

 4) jika sudah ketemu, sekarang tap “Pengaturan Pemberitahuan” lalu dilanjutkan dengan memilih ”Ulang Tahun”.
5). Kemudian untuk menon-aktifkannya gulir ke kiri semua scroll yang aktif seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. (kalau aktif, posisi scroll ada dikanan)

6). Selanjutnya kalian akan mendapati sebuah notifikasi untuk memastikan apakah kalian benar-benar ingin mematikan pengaturan ini atau tidak? Kalau iya, silahkan pilih Matikan. Selesai

Setelah kalian mengikuti step by step diatas, maka kalian tentunya sudah berhasil mematikan pengaturannya. Dan nantinya akun kalian sudah tidak dapat lagi menerima pemberitahuan dari Facebook meski semua teman-temannya sedang berulang tahun.

Bagikan jika bermanfaat