2 Cara Mengambil Gambar Dari Video Melalui Android

Sumber Image:Smartneid.blogspot.com

Apakah kalian pernah terbesit didalam hatinya ketika sedang menonton video ada sebuah adegan yang seru kemudian adegan tersebut ingin di jadikan gambar tapi pas mau diambil tidak tahu caranya? Kalau iya, berarti sama dengan yang pernah saya alami.

Iya, Saya sendiri sering mengalami hal serupa seperti ini. Tapi saya tidak berputus asa sampai disitu untuk mengambil adegan video tersebut dalam bentuk gambar.

Ada beberapa tips yang sering saya lakukan untuk mengambil gambar dari dalam video.

Mungkin tips yang saya maksud juga sering digunakan oleh para teman-teman. Atau bisa juga sebaliknya, kemugkinan besar tips tersebut tidak pernah terlintas sama sekali oleh para pengguna Android kebanyakan. Karena terkadang suatu hal yang dianggap sangat sepele dan gampang itu justru sering kali luput dari pandangan kita. Salah satunya mengubah atau mengambil gambar dari dalam video yang sedang kita bahas bersama ini.

1). Memanfaatkan Screenshot atau Screen capture Bawaan Ponsel. 

Cara pertama yang sering saya lakukan adalah dengan cara memanfaatkan fitur screenshot bawaan smartphone itu sendiri.

Iya, dengan fitur screenshot ini saya bisa mengcapture video yang sedang berjalan yang hasilnya bisa berubah menjadi sebuah gambar. Sehingga potongan-potongan atau bagian video yang kita anggap seru/sukai itu bisa dengan mudah kita ambil dalam bentuk picture. Kemudian hasilnya kita sebarkan ke berbagai perangkat/media tanpa harus menyisipkan videonya.

Namun cara pertama ini menurut saya sekalipun praktis hasilnya kurang dinamis dan butuh ketepatan waktu. Karena setiap kali mengcapturenya tidak jarang saya mengalami kegagalan. Misalnya saya mau menscreenshot video di menit 2:05 malah hasil yang kena capture di menit 2:07 dan gambar yang diperolehnya pun terkadang kurang memuaskan. Karena hasil yang didapat kurang terang alias ada buram-buramnya dikit. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, maka kita harus mengulanginya berkali-kali hingga menemukan hasil yang memuaskan. Itu cara pertama gan! 

2). Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga.

Nah untuk cara yang kedua saya menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang saya install melalui gudang aplikasi yang bernama Google Play Store.

Adapun nama aplikasinya yang saya maksud adalah Video To Image Conventer. Silahkan agan-agan install dulu aplikasinya di Play Store. Jika sudah, sekarang mari kita bahas bersama step by stepnya. 

A). Pertama buka aplikasi Video To Image Conventer.

B). Jika sudah terbuka aplikasinya, sekarang pilih " Video Untuk Image Conventer"

C). Setelah itu kalian cari video yang ingin dijadikan gambar. Jika sudah ketemu sekarang tap/klik menu kamera untuk mengambil gambar.

D). Terakhir centang bagian bawah dan pilih "Save/Simpan" untuk menyimpan hasil gambar yang diambil dari video tadi. Selesai. 

Untuk lokasi penyimpanannya terserah kalian mau di letakkan dimana? Mau diletakkan di memory ponsel oke, mau di simpan di SimCard External juga boleh. Yang terpenting kalian sukses membuat gambarnya dan merasa happy. 

Bagikan jika bermanfaat