Cara Menampilkan Nomor HP Yang Tidak Terdaftar (Muncul) Didalam Kontak


Apakah kalian pernah mengalami ketika ingin membuat sebuah kontak baru tapi setelah nomornya sudah dimasukkan dan di simpan tidak terdaftar didalam kontak? Kalau iya, pas banget kalian nyasar ke blog madurace.com ini. Karena dalam kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menampilkan sebuah kontak yang baru dibuatnya tidak muncul didalam kontak itu sendiri.

Kebanyakan dalam beberapa ponsel ketika kita ingin membuat sebuah kontak baru, pasti setelah kita memasukkan nomor dan namanya seketika itu pula nomor tersebut akan tersimpan didalam daftar kontak. Baik itu tersimpan didalam buku telpon itu sendiri maupun didalam kartu seluler (simcard). Rata-rata biasanya akan tersimpan secara automatis kedalam buku telpon.

Tapi itu tidak semuanya! Kadang di sebuah ponsel tertentu ketika kita mau menyimpannya muncul sebuah perintah atau notifikasi untuk memilih letak penyimpanannya. Apakah kita mau menyimpan di dalam ponsel atau didalam simcard?

Namun dalam beberapa kasus yang beredar di smartphone masa kini, khususnya di gadget Android merk Vivo, lebih tepatnya di model vivo 1606 atau Y 53, untuk menampilkan nomor kontak baru yang sudah di buat, kita harus mensetting pengaturannya dengan cara manual. Karena kalau kita tidak mengaturnya, maka sampai kapanpun nomor yang sudah dimasukkan tadi tidak akan tampil di daftar kontak.

Pengalaman Saya, sudah berapa banyak nomor yang saya masukkan kedalam daftar kontak baru. Akan tetapi ketika Saya ingin menghubungi nomor yang bersangkutan malah tidak terdaftar. Dicarinya satu persatu, tapi tetap saja nomor yang pernah saya masukkan sebagai kontak baru tidak di temukan. Yang ada hanya nomor ponsel lawas yang statusnya tersimpan didalam simcard.

Kemudian Saya tulis ulang hingga berkali-kali namun tetap tidak nongol juga. Karena Saya sudah putus asa, akhirnya saya menyuruh teman untuk memasukkan nomor miliknya dan menyimpannya. Tapi hasilnya tetap seperti semula. Bahkan ia juga heran kenapa nomor yang sudah dimasukkan kedalam kontak baru tidak tampil di buku telpon. Padahal seharusnya kalau sudah dimasukkan kemudian dikasih nama dan di save, maka nomor tersebut akan terdaftar didalam ponsel (katanya).

Bukan hanya 3 atau 4 teman saja yang saya suruh untuk mencarikan solusinya. Bahkan teman-teman yang tergabung didalam group WA, yang sering ngumpatin saya dan bilang begini-begitu karena tidak bisa menyimpan nomor baru juga takluk di ponsel android vivo y53 ini.

Mereka kira menyimpan nomor baru di vivo y53 sama dengan ponsel-ponsel yang lain. Setelah saya kasih langsung ke orangnya, yang sok blago dan songong itu akhirnya setelah gagal melaksanakan tugasnya muncul juga di mulutnya pertanyaan-pertanyaan tak penting seperti yang pernah di ucapkan teman-teman yang lain. Seperti apakah ucapan yang mereka maksud?

"Kok bisa ya, ini gak bisa?" kata mereka.
(menurut saya, pertanyaan mereka membuat saya tambah bingung untuk mengartikannya). "Kok bisa ya, ini gak bisa" Itu kan pertanyaan yang aneh!

Setelah mereka pada nyerah semua, akhirnya hp yang kurang beruntung ini kembali kepemiliknya (ke saya).

Iseng-iseng buka settingan ponsel, sambil berharap disana ada pengaturan kontaknya, eh ternyata benar. Setelah di cek di cekkkkk,,,, piyusss, ternyata pengaturan penampilan kontak khusus telponnya memang tidak tercentang.

Setelah saya ubah pengaturannya dengan cara mencentangnya, maka nomor telpon baru yang pernah saya masukkan dari dulu akhirnya nongol juga (semua) di kontak. Daftar kontak yang sebelumnya hanya mentok di 106, sekarang sudah bertambah menjadi 267.

Nah bagi teman-teman yang kebetulan mempunyai masalah yang sama dengan yang saya alami seperti diatas, maka kalian bisa mengubah pengaturannya persis seperti step by step dibawah ini. 

1). Pertama buka Pengaturan Telpon. 
2). Kemudian pilih "Kontak"

3). Lalu yang terakhir pada bagian ceklist "TELEPON" di centang.

Jadi, alasan kenapa nomor ponsel baru yang sudah didaftarkan kedalam kontak tidak muncul, itu karena pengaturan penyimpanannya hanya di izinkan pada Simcard saja sedangkan penyimpan yang seharusnya masuk ke dalam buku Telpon di cekal (tidak tercentang). 

Bagikan jika bermanfaat