Cara Mengatasi Android Yang Sering Mengalami LAG


Dengan seiringnya waktu, multitasking smartphone yang kita miliki tidak selamanya selalu baik. Adakalanya pada saat-saat tertentu performa ponsel menurun secara berkala. Atau bisa juga menurun secara drastis. Hal itu tidak luput kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari intern dan ekstern. Keduanya sama-sama ikut andil dalam proses penurunan kinerja ponsel itu sendiri.

Misalnya kalau dari dalam di sebabkan karena komponen-komponen yang ada didalamnya sudah mulai lemah karena kurang perawatan, kena virus, menumpuknya aplikasi-aplikasi yang berukuran besar yang sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan. Sedangkan faktor yang dari luar adalah perangkat sering digunakan secara terus menerus (nonstop) tanpa memikirkan kondisi ponsel dan ponsel sering jatuh ringan serta sering terbentur benda keras. Hal itulah yang paling dominan yang dapat menyebabkan performa ponsel menurun.

Akan tetapi yang paaaalinnng dominan dari segala faktor yang telah saya sebutkan diatas adalah ponsel sering digunakan untuk bermain game dan kena virus.

Iya, sudah tidak di pungkiri lagi bahwa para pengguna smartphone masa kini telah terkontaminasi yang namanya Game dan video parno yang sudah disusupi virus. Berjam-jam dalam sehari semalam mereka khusu' menghabiskan waktunya cuma untuk sekedar bermain game dan menonton. Kadang saking asyiknya bermain mereka pada lupa akan kebutuhan primernya. Kurang makan, kurang mandi, dan kurang memperhatikan pakaian, persis kayak gembel. (waduh kebangetan banget nih si agan nulisnya, masak sampek segitunya).

Lah beneran, di rumah saya tu ada yang kayak begini. Siang-malem kerjaannya cuma main gaaaame terus, ngomong sendiri, marah sendiri, ketawa sendiri. Habis main, kadang buka vokef sambil rokok'an, mulutnya penuh asap bak cerobong pabrik. Ia tidak memperhatikan kondisi ponselnya sama sekali, apakah suhunya sudah terlalu panas, atau gimana ia tidak menghiraukan sama sekali. Jangankan mau ngurus gadgetnya, ngurus dirinya sendiri kayaknya sudah males. Giliran ponselnya sudah mengalami Lag, baru ia nyamparin saya dan berkata " Om hp saya kenapa ya kok akhir-akhir ini ketika sedang bermain game sering ngelag". Hemmm....!!! Ujung-ujungnya saya yang kena!

Kurang lebih begitulah kilasan penyebab lemahnya kinerja sebuah perangkat smartphone. Jadi bagi kalian yang bertipe sebagai seorang gamer yang selalu sibuk didepan layar dan kebetulan smartphone-nya juga mengalami masalah, misalnya seperti sering ngelag ketika sedang bermain atau multitaskingnya sangat lambat, kalian bisa menangkalnya dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama LSpeed.

Apa itu LSpeed? Lspeed adalah himpunan dari beberapa script (tweak) yang gabungkan menjadi sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja ponsel, mengurangi kelambatan signifikan (LAG) dan bisa mengawetkan/menghemat daya batrai.

Aplikasi ini kalau tidak salah hanya bisa digunakan pada Android versi 4.0.3 keatas dan status hp sudah dalam kondisi Root (dibawah dari itu, di coba saja dulu siapa tahu juga bisa).

Dan untuk mendapatkan aplikasinya, kalian bisa langsung mendownloadnya melalui gudang Aplikasi Play Store secara gratis tanpa ada pungutan biaya sepeserpun. Silahkan download aplikasinya.

Sedangkan untuk cara penggunaannya, kalian bisa mengikuti step by step berikut ini! Silahkan disesuaikan nanti di masing-masing perangkat agan.
(anggap saja kalian sudah menginstall dan membuka aplikasi L Speed)

1). Bagian Tweaks Utama

Pilihan Boost
  - Penjadwalan Boost = 2 Jam

Modifikasi Kernel
  - Matikan Debug = Aktifkan
  - Kernil Panic = Aktifkan
  - Optimasi Kernel Sleeper= Aktifkan
  - Flag Tuner = Aktifkan

Optimasi UI
  - allow Higher Youtube Resolution = (terserah kalian mau pilih yang mana)
  - Improvisasi Penguliran = Aktifkan
  - Liquid Smooth UI = Aktifkan
  - Windows Animation Scale = 0 (boleh diganti)
  - Transition Animation Scale= 0 (boleh diganti)
  - Animator Duration Scale = 0 (boleh diganti)

2). Batrai

  - Smart Batrai Saver = Dimatikan (boleh diganti)
  - Improvisasi Batrai = Di aktifkan (diganti boleh)

3). CPU Turner

Pengaturan Governor
  - Governor Tuner = Performa
  - Interval Eksekusi= Bebas

Tuning CPU
  - Pengoptimasi CPU = aktifkan

4). Optimasi LNET

Tweak LNET
  - NET buffers = Besar
  - Tweak RIL = aktifkan
  - Tweak NET TCP = aktifkan
  - NET Speed+ = aktifkan

Wi-Fi Tweaks
  - Wi-Fi Scanning = aktifkan
  - Wi-Fi Suplicant scan Interval = 15 detik
  - Wifi-idle-ms = 180000

Optimasi LNET
  - DNS Optimation = Aktifkan

5). Tweak IO

  - Penjadwalan Tuner = aktifkan
  - SD Tweak = Aktifkan
  - IO Boost = Aktifkan
  - IO Extended Queue = aktifkan
  - Remount Partisi = aktifkan
  - Disable I/O Stats = aktifkan

6). Manager RAM

Pilihan Manager RAM
  - Manajer RAM = Seimbang (Namun apabila ketika kalian sedang main game masih mengalami LAG juga, maka kalian bisa memilih pengaturan "Game").
  - untuk pengaturan-pengaturan yang lain di biarkan saja.

Setelah kalian sudah mensetting pengaturan L Speednya, sekarang Reboot atau Restart HP agan kemudian rasakan sensasinya dan bedakan performanya.

Bagikan jika bermanfaat