Inilah Daftar Paket Internet Yang Cocok Buat Main TikTok


Madurace.com - Jika kemaren saya telah memposting sebuah artikel yang bertajuk Cara Membuat Efek Video Call di Aplikasi TikTok, maka kini saya akan membuatkan artikel tentang daftar paket yang cocok buat main TikTok.

Mungkin di hati teman-teman ada yang bertanya Kenapa saya mau membahas tentang paket internet yang sangat cocok buat aplikasi TikTok? Toh pada kenyataannya yang namanya paket data internet itu fungsinya sama dan tidak ada perbedaan ketika digunakan untuk membuka sebuah aplikasi atau situs. Lah dalam judul artikel kali ini, sepertinya ada yang beda. Seolah-olah aplikasi TikTok sendiri statusnya tidak sama dengan aplikasi-aplikasi kebanyakan.

Sebenarnya ada apa sih tentang gerangan? Kok bisa-bisanya aplikasi yang satu ini dibahas secara khusus. Bikin penasaran saja!!! 

Oke saya jawab ya kawan-kawan!!! 
Sebenarnya kalau ditinjau dari segi aplikasinya, kelebihan dari TikTok ini tidak ada yang mencolok (istimewa) dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang lain. Hanya saja dalam pemakaian kuota, data yang digunakan dalam sekali tayang bisa menyedot data yang sangat besar. Sehingga data internet yang dimiliki oleh para penggunanya akan cepat terkuras.

Padahal video yang ada didalam aplikasi TikTok sendiri durasinya pendek-pendek. Dan tidak ada video yang berdurasi panjang seperti yang ada di Youtube dan Facebook. Kalau tidak salah rata-rata video yang ada disana durasinya maksimal antara 14-15 detik. Tidak ada video yang durasinya sampai setengah menit, tidak ada.

Namun meskipun status videonya pendek-pendek, bukan berarti data yang dibutuhkan dalam sekali tayangan sedikit makan kuota. Justru aplikasi tiktok ini yang paling banyak menguras kuota penggunan dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lain. Perbandingannya mungkin 1:3. Misalnya kalau kita nonton video Youtube selama satu jam menghabiskan kuota sebanyak 500 mb maka kalau selama itu kita nonton video Tiktok akan menghabiskan 1.5 GB bahkan lebih.

Makanya jangan kaget kalau diantara kalian ada yang baru mengenal Tiktok kemudian sering nonton video disana pas cek kuota sisa kuotanya tinggal sedkit. Itu bukan karena operatornya yang curang, melainkan karena efek dari video tiktok yang kalian tonton itu kuota yang digunakan sangat banyak.

Jadi bagi kalian yang masih belum mengenal tiktok atau masih baru jadi pengguna, saya saranin kalau daftar peketnya hanya 10 GB perbulan mendingan tidak usah terlalu sering mainnya. Eman kuotanya! Kecuali, sekali lagi, KECUALI paket data yang kalian miliki itu hasil gretongan (gratis) atau minimal harganya sangat murah dan sangat terjangkau.

Jika harga paket yang kalian gunakan itu diatas Rp. 50.000, wih sekali lagi saya katakan "mendingan jangan". Tapi kalau hanya sekedar membuka segelintir video saja, maksudnya tidak berlama-lama ya boleh-boleh saja. Palingan kalau nontonnya sampai 15 menit kuota yang termakan nantinya tidak kurang dari 200-300 Mb.

Lantas, paket yang pantas buat main TikTok-an harus daftar paket apa gan?

Menurut saya pribadi, paket yang bisa menyaingi aplikasi TikTok itu adalah paket Iflix. Karena paket Iflix ini selain harganya sangat terjangkau (murah), kuota yang di dapat lumayan banyak. Yaitu 30 GB/30 hari dengan harga sebesar Rp. 11.900.

Bukankah paket Iflix ekstra kuota ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs/aplikasi Iflix saja gan?

Iya! Memang paket tersebut di promosikan hanya untuk mengakses situs/aplikasi Iflix saja. Akan tetapi setelah saya coba untuk mengakses aplikasi TikTok, ternyata kuotanya work dan lancar-lancar saja. Dan sejak saat itulah saya sering beli paket ini hanya sekedar berselancar di dunia Tiktok.

Apakah ketika mau membuka TikTok menggunakan paket tersebut harus digandengkan dulu dengan Psiphone gan?

Tidak! Semua yang saya lakukan itu murni tanpa bantuan aplikasi gretongan atau tanpa otak-atik APN, proxy dan port. Malahan kalau digandengkan dengan aplikasi gretongan (Psiphone) justru speednya akan menurun dan video sering mengalami buffering. Bahkan tidak berjalan sama sekali.

So, bagi agan-agan yang suka aplikasi TikTok silahkan daftarkan segera kartu XL anda ke paket ekstra kuota Iflix (mumpung masih murah).

Namun perlu agan-agan ketahui bersama bahwa paket Iflix ini tidak sembarang kartu bisa mendaftarnya melalui dial *123#. Yang bisa mendaftar di dial *123# adalah kartu yang memenuhi syarat. Yaitu kartu yang bersangkutan pernah terdaftar di paket Ekstra Combo, Ekstra Combo Lite dan Hotrod Ektra. Jadi kalau kartu yang agan gunakan itu tidak pernah didaftarkan di ketiga paket tersebut, maka sudah dipastikan paket iflix tidak terdaftar/tercantum di dial *123#.

Waduh, kalau begitu kita harus daftar dulu di salah satu paket yang telah disebutkan barusan itu dong! Tidak, meski kartu kalian tidak memenuhi syarat, alias tidak pernah mendaftar disalah satu paket yang telah saya sebutkan tadi bukan berarti kalian tidak bisa mendaftar paket Iflix. Kalian masih bisa mendaftarnya melalui jalan lain yaitu dengan cara memanfaatkan portal MyXL.

Untuk cara daftarnya silahkan buka artikel yang saya posting sebelumnya disini yaitu Cara Daftar Paket Internet XL 30 GB Tanpa Syarat (Iflix)


Bagikan jika bermanfaat