Benarkah Siti Maryam Termasuk Seorang Nabi?



Berdasarkan tafsir Jalalain yang menyatakan bahwa Siti Maryam ketika tengah mengandung Nabi Isa 'Alaihis salam langsung menerima wahyu dari AllAh Subhana Wata'ala.

Lalu yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah Siti Maryam itu termasuk seorang Nabi atau bukan? 

Nabi adalah orang yang diberi wahyu oleh ALLAH  Subhanawata'ala dengan diberi suatu syariat yang diamalkannya. Jika ia disuruh menyampaikan syariat itu kepada umat manusia, maka ia sekaligus menjadi utusan atau rasul.

Misalnya Nabi Muhammad Sollollohu 'alaihi wassallam; disamping seorang NABI, beliau juga menjadi seorang rasul atau utusan. Sebab beliau mendapat wahyu yang berisi Syari'at dan diperintah untuk disampaikan kepada umat manusia.

Siti Maryam memang mentdapatkan wahyu, akan tetapi wahyunya tidak mengandung hukum syari'at. Maka DARIPADA ITU, berarti Siti Maryam bukanlah seorang Nabi karena wahyu yang diterimanya bukan berisi Syari'at.

Perempuan yang pernah mendapatkan wahyu bukan hanya Siti Maryam saja, melainkan ibu Nabi Musa 'Alaihis salam juga mendapatkan wahyu dari Alloh Subhanawata 'ala, yakni disuruh membuang Nabi Musa 'Alaihis Salam ke sebuah sungai yang ada di mesir agar selamat dari kaki tangan Fir'aun yang hendak membunuhnya.(/MDRC).

Malas baca! silahkan tonton saja videonya melalui channel Youtube dibawah ini.
Sumber Artikel: Pustaka Sidogiri (Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan).
Sumber Gambar: wowmenarknya.com



Bagikan jika bermanfaat