Cara Mengatasi Aplikasi Psiphone Tidak Bisa Dibuka


Madurace.com - Alasan Psiphone Tidak bisa Berfungsi. Bagi pengguna Android yang suka akan gretongan (internet gratis), Psiphone termasuk salah satu aplikasi yang dapat dikategorikan sebagai aplikasi yang paling didambakan. Bagaimana tidak, aplikasi yang bericon huruf P asal Canada ini bisa digunakan/dimanfaatkan sebagai alat injeksi untuk membuka celah data internet dari berbagai operator seluler. Baik itu provider yang berasal dari dalam negeri maupun diluar negeri.

Jadi tidak heran jika Aplikasi yang satu ini sudah sangat terkenal disegala penjuru dunia, khususnya di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Philipina, Brazil, India, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan lain sebagainya. Karena memang aplikasi Psiphone itu sendiri bisa dibilang sangat membantu banget bagi para pengguna Android kelas menengah kebawah seperti kita-kita ini.

Sebab kalau kita tidak menggunakan jasa aplikasi tersebut sudah tentu akan kewalahan untuk membeli paket data internet yang harganya tidak sesuai dengan penghasilan kita sehari-hari.

Jadi mau tidak mau, untuk memenuhi kebutuhan kuota internet sehari-hari kita harus menempuh jalan pintas agar nantinya bisa berselancar secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya yang lumayan mahal. Sehingga nantinya isi dompet kita bisa lebih irit dari sebelumnya.

Namun dalam sebuah kasus, ada beberapa perangkat yang tidak bisa mengoperasikan aplikasi Psiphone ini. Padahal setahu saya, cara menggunakannya tidak ribet-ribet amet. Pengguna tinggal menginstall aplikasi yang bersangkutan, habis itu langsung pancal dan tunggu sampai konek. Setelah itu sudah jadi deh internet gratisnya!

Lah ini, Android merk Samsung J5 Pro milik temanku ada yang gak beres ketika ingin menghidupkan Psiphon-nya. Pada saat mau pencet tombol "Start", eh malah si Psiphone cuma bengong saja.

Biasanya kan kalau tombol Startnya di aktifkan, tanda kunci dan huruf (P) muncul diatas bar, lalu dalam hitungan detik, aplikasi berhasil tersambung (konek). Tapi dalam kasus ini, setelah aplikasinya di aktifkan kedua icon tersebut tidak muncul di atas bar ponsel Seolah-olah aplikasi tidak berfungsi. Padahal saya dan teman-teman sudah berkali-kali menekan Startnya tapi tetap saja statusnya diem.

Awalnya saya kira hal itu disebabkan karena kondisi ponsel sudah berat atau terlalu banyak file yang menumpuk disana. Akhirnya saya dan teman-teman sepakat memutuskan untuk menghapus aplikasi-aplikasi dan file yang ada didalamnya. Tapi setelah semuanya dihapus tetap saja tidak membuahkan hasil.

Singkat cerita ternyata yang menyebabkan aplikasi Psiphone tersebut tidak bergerak bukan dari segi multitasking yang kita kira melainkan dari pengaturan koneksi dari ponsel itu sendiri. Disana terdapat sebuah APN aktif yang statusnya dapat memblokade VPN-VPN lain termasuk aplikasi Psiphone.

Perlu diketahui bersama bahwa secara default memang VPN itu tidak bisa digunakan secara bersamaan. Jadi kalau ada VPN yang sudah aktif, kemudian kita mau menghidupkan VPN lain maka itu percuma saja atau sia-sia belaka. Karena setelah kita mengaktifkan VPN yang kedua, maka secara automatis salah satu dari kedua VPN tersebut ada yang tidak berfungsi. Entah itu VPN yang pertama ataupun yang kedua. Yang jelas salah satu diantaranya ada yang mengalah. 

So, bagi teman-teman yang kebetulan mempunyai masalah yang sama dengan yang dialami teman saya ini, maksudnya ketika ingin mengoprasikan psiphonenya tidak berfungsi, kalian bisa mencobanya dengan langkah-langkah di bawah ini.

Namun perlu agan-agan ketahui bahwa dalam kasus ini saya menggunakan smartphone Android merk Samsung J5 Pro. Berikut step by stepnya:

1). Buka pemgaturan ponsel
2). Kemudian pilih "Koneksi" lalu dilanjutkan dengan "Pengaturan Koneksi Lainnya"

3). Selanjutnya pilih VPN.
4). Lalu cari VPN yang statusnya aktif (caranya klik gerigi untuk melihatnya).

5). Kemudian scroll pada "VPN Selalu Aktif" yang awalnya ada disebelah kanan di gulir ke sebelah kiri (nonaktifkan).

Selesaii... 

Catatan:
Jika VPN yang bersangkutan tidak penting-penting amet, lebih baik di hapus saja. Dengan cara menekan "Hapus profile VPN".

Bagikan jika bermanfaat