Mengenal Lebih Dekat Paham Nyinyirisme, Bisa Jadi Andalah Salah Satu Penganutnya.


Apa nyinyirisme itu?
Nyinyirisme adalah cara pandang terhadap segala fenomena dengan serba buruk dan merendahkan (nyinyir).

Adakah suatu perbuatan atau capaian yang tak bisa dinyinyiri?
Tidak ada, semua hal bisa dinyinyiri. Tak peduli sebaik apapun suatu hal atau tindakan, pasti selalu saja ada kekurangannya dan kekurangan inilah yang menjadi objek nyinyiran.

Apakah syarat untuk menjadi orang nyinyir?
Syaratnya hanya satu; Tutuplah mata hati sehingga tak bisa melihat kebaikan orang lain, maka otomatis akan terus bermunculan ucapan nyinyir di mulut.

Siapakah yang paling berpotensi menganut nyinyirisme?
Orang-orang yang berhati buruk dan para pecundang. Makin buruk hati seseorang dan makin banyak kegagalannya, maka makin besar bakat dan potensinya untuk nyinyir pada orang lain sebab dia melihat dunia dari perspektif yang serba salah dan serba gagal tapi dia tak mau terlihat seperti itu.

Tetapi di dunia ini banyak kebaikan dan prestasi, tak bisakah penganut nyinyirisme melihatnya? 
Bila mereka melihat kebaikan/prestasi orang lain masih di bawah kebaikan/prestasi yang dia punya, maka dia akan nyinyir pada orang itu dengan cara menyombongkan diri. Bila mereka melihat kebaikan/prestasi yang dimiliki orang lain sudah melampaui dirinya sendiri, maka mereka akan nyinyir dengan cara membandingkan kebaikan/prestasi orang itu dengan orang lainnya yang lebih hebat sehingga kebaikan/prestasi orang tersebut nampak buruk atau setidaknya tak istimewa.

Apa faedah nyinyir?
Tak ada, hanya saja tindakan ini memberi halusinasi pada pengucapnya seolah dia bisa lebih baik dan lebih hebat. Dia merasa dirinya tampil lebih hebat dari orang yang dinyinyiri, padahal itu hanya halusinasinya saja. Namun sebab dia terlalu bodoh untuk sadar bahwa itu hanya halusinasi, akhirnya dia merasa puas dan ketagihan.

Bagaimana bila penganut nyinyirisme dipuji?
Seperti gelapnya malam ketika tak ada bintang dan rembulan. Makin gelap dan tak tercerahkan.

Bagaimana bila penganut nyinyirisme dihina?
Kebanyakan akan bereaksi seperti api disiram bensin. Nalar nyinyirnya akan semakin kuat, ucapannya akan semakin pedas, kesombongannya makin akut.

Bisakah pelajaran akhlak atau tasawuf menyembuhkan nyinyirme?
Bisa, tapi bila ajaran nyinyirisme ini sudah mengakar dalam hati, maka justru pelajaran akhlak atau tasawuf itu yang akan dinyinyiri.

Lalu bagaimana menyadarkan penganut nyinyirisme?
Ini wilayah Tuhan dengan hidayah-Nya. Jadi doakan saja.

Apakah kita penganut ajaran nyinyirisme?
Siapa tahu...!!!!

Kendalikan Emosimu, Maka Bidadari Sudah Menunggu”

Barang Siapa mampu mengendalikan emosi amarahnya, padahal dia bisa saja melampiaskannya, maka Allah akan memanggilnya dihadapan para makhluk pada hari Kiamat,Sehingga Allah memberikan kesempatan untuk memilih bidadari yang ia inginkan (UA HR Muslim)

Bagikan jika bermanfaat