Salah Kaprah Tentang Pengertian SSH Internet Gratis Bagi Pemula


Madurace.com - Secure Shell atau yang lebih dikenal  dengan sebutan SSH merupakan sebuah protokol yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi yang didalamnya berhubungan dengan VPN. Namun dalam kasus ini saya akan menjelaskan dalam lingkup internet gratis saja bukan secara luas (universal) karena saya sendiri juga kurang berpengalaman tentang SSH ini. Bahkan tidak tahu sama sekali.

Disini saya menjelaskan bagaimana cara kerja dan kegunaannya. Karena saya lihat diberbagai group dan halaman facebook yang saya kelola, ternyata masih banyak teman-teman yang baru terjun kedunia gretongan salah paham dalam mengartikan sebuah SSH. Mereka mengait-ngaitkan dengan kartu seluler miliknya dan mengira bahwa simcard tersebut mempunyai SSH masing-masing.

Sebagai contoh misalnya kartu AXIS mempunyai SSH yang bisa digunakan untuk mengakses internet gratis hanya untuk kartu AXIS saja sedangkan dipakai untuk kartu lain tidak bisa. Atau simcard terbitan dari Telkomsel mempunyai SSH yang hanya bisa digunakan untuk kartu Simpati, AS, Loop  sedangkan untuk kartu seperti XL, Indosat, Three tidak work.

Anggapan seperti itu tidaklah benar. Karena pada hakikatnya SSH itu tidak bisa mengubah status kartu-kartu tertentu yang awalnya berbayar bisa menjadi gratis. Sekali lagi saya katakana itu tidak benar.

Fungsi dari SSH itu sendiri sebenarnya bukan untuk membuat suatu simcard menjadi gratis dalam mengakses internet melainkan hanya untuk mengubah IP Address sebuah jaringan dari perangkat. Misalnya IP Address jaringan Android/PC teman-teman saat ini adalah 127.12.01.211, maka setelah kalian mengakses internet menggunakan aplikasi gretongan yang support dengan SSH akan berubah menjadi 128.199.20.102 atau 139.222.10.43.

Setiap kali kalian menggunakan SSH yang berbeda maka pada saat itupula IP Addressnya akan berubah. Karena masing-masing SSH mempunyai nilai IP yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya meski server SSH tersebut berasal dari Negara yang sama.\

Perlu diketahui bersama bahwa SSH itu banyak macamnya. Ada yang berasal dari Amerika, Kanada, Brazil, Inggris, Jerman, Singapore, Jepang, India, Indonesia dan lain sebagainya.

Tapi SSH yang paling banyak digunakan atau diburu oleh para sahabat gretongan adalah server yang berasal dari Singapore. Menurut mereka server asal Negara Jiran tersebut status kecepatan internetnya lebih tinggi dibandingkan dengan server-server Negara yang lain (termasuk Indonesia).

Lantas apakah SSH itu bisa digunakan diluar Negeri?

Ya tentu bisa! Yang terpenting di Negara bersangkutan sudah terjangkau Internet. Kalau internetnya tidak terjangkau, jangankan diluar negeri di Indonesia sekalipun gak bakalan bisa. Ya mau bisa gimana kalau tidak ada jaringan,muehehheh. Intinya SSH itu bisa digunakan disemua Negara tanpa terkecuali.

Apakah SSH itu bisa digunakan disemua kartu seluler Indonesia?

Lah pertanyaan seperti inilah yang sering saya dapatkan dari teman-teman yang baru memasuki dunia gretongan. Banyak sekali teman-teman yang meminta kepada saya untuk dibuatin SSH kartu-kartu tertentu. Misalnya MEminta dibuatin SSH Kartu AXIS, SSH Kartu TELKOMSEL, ssh XL dan lain-lain.

Setelah mendapati pertanyaan-pertanyaan seperti diatas ya tentu saya bingung karena pada dasarnya SSH tersebut bisa digunakan disemua kartu seluler yang tersebar diseluruh dunia baik yang ada dialam negeri maupun diluar negeri. Dan cara buatnya pun gampang banget, pengguna tinggal daftar di situs penyedia SSH gratisan seperti Fastssh, habis itu jadi deh akun SSHnya.

Tapi yang dimaksud oleh teman-teman itu saya tahu maksudnya apa. Cuma diantara mereka salah mengartikannya saja. Yang diminta mereka itu sebenarnya bukan SSH tapi Payload dan Config.

Jadi saya ingatkan kembali kepada teman-teman yang sering meminta SSH kepada saya, bahwa yang sering kita gunakan untuk mengakses internet gratisan setiap hari itu bukan SSH namanya tapi config.

Kalau kita hanya bermodalkan SSH, belum tentu kita bisa mengakses internet secara gratis. Yang bisa menentukan kita mengakses internet gratis itu adalah Bug. Jika kita punya bugnya, maka kita akan bisa berselancar di dunia maya sepuasnya secara gratis tanpa harus menggandengkan dengan yang namanya SSH.

So, SSH itu bisa digunakan disemua Negara dan bisa pula digunakan di semua kartu operator seluler yang tersebar diseluruh dunia tetapi tidak menjamin mendapatkan akses internet secara free.

Saya rasa dengan membaca artikel yang membahas tentang sekelumit SSH INI, teman-teman bisa memahami dan membedakan mana yang SSH dan mana Yang namanya Payload atau config. Sekian terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel