Cara Membuka File PDF di HP Android

Madurace.com - Sebelum viralnya sosial media whatsapp seperti sekarang ini, mungkin para pengguna Android kebanyakan kurang mengetahui tentang sebuah file yang berekstensi PDF.

Bahkan tidak tahu sama sekali. Sekalipun tahu, kemungkinan besar hanya segelintir orang yang memang kesehariannya kadang-kadang mempunyai kesibukan tersendiri yang ada hubungannya dengan PC atau laptop. Karena memang file yang satu ini awalnya sebelum lahirnya smartphone android hanya bisa dibuat dan buka melalui kedua perangkat tersebut.

Namun ketika ponsel pintar yang berlogo robot hijau ini dirilis sekitar akhir tahun 2000-an dan menyebar luas ke berbagai penjuru dunia, file PDF ini tidak lagi hanya bisa di buka via PC dan Laptop saja melainkan juga bisa di buka melalui Android. Sekali klik, maka file yang bersangkutan langsung terbuka.

Akan tetapi, meski file PDF tersebut sudah kompetibel di android, bukan berarti semua gadget bisa membukannya. Tidak! Ada sebagian smartphone-smartphone android tertentu yang apabila file semacam ini ingin dibuka justru di tolak oleh sistem dengan alasan-alasan tertentu.

Misalnya alasan yang paling dominan yang sering saya alami adalah masalah aplikasi perangkat yang tidak mendukung. Sehingga ketika pengguna ingin membukanya, bukan isi filenya yang keluar melainkan sebuah notifikasi yang memberitahukan kepada pengguna bahwa gadget yang bersangkutan membutuhkan aplikasi yang kompetible.

Dengan adanya kalimat perintah semacam ini, tentu bagi seorang pengguna yang masih awam atau newbie dalam menggunakan android tidak serta merta langsung menginstallnya. Mereka lebih memilih bertanya isi file PDF itu tadi kepada temannya yang sama-sama memiliki file tersebut.

Padahal kalau ia mau, ia bisa saja menginstall aplikasinya kapanpun yang ia mau. Sehingga nantinya ketika ia mendapatkan file yang serupa dengan yang diatas, maka ia tidak harus capek-capek bertanya lagi ke orang lain.

Lantas, aplikasi apakah yang bisa membuka file PDF di HP Android? Jawabannya banyak sekali! 

Bahkan saking banyaknya aplikasi yang di maksud, saya sendiri tidak bisa menghitung dan menyebutnya satu persatu. Namun sebagai rekomendasi saja, berikut saya paparkan aplikasi-aplikasi android yang bisa kalian gunakan atau install. Semuanya tinggal cari saja di Google Play Store dan di jamin gratis tentunya:

1). Google Drive
2). WPS Office
3). Xodo Docs
4). PDF Reader
5). X-Plore

Sebenarnya selain dari aplikasi diatas masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya yang serupa yang bisa kalian install melalui play store secara free.

Namun dengan menginstall salah satu aplikasi yang telah saya rekomendasikan diatas, itu sudah cukup untuk membuka file PDF yang sebelumnya tidak bisa dibuka. 

Sebab penyebab tidak bisa dibukanya file itu tadi bukan disebabkan karena ponsel mengalami kerusakan sistem atau yang lainnya melainkan karena pihak pabrik ponsel itu sendiri tidak memasang satupun aplikasi khusus yang berfungsi untuk membuka file yang berekstensi PDF dan sejenisnya. Sehingga ketika file tersebut dibuka tidak ada respon dari sistem. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel