Cara Menulis Huruf Yang Ada Tanda Garis Diatasnya

Kalau kita lihat didalam sebuah keyboard komputer ataupun laptop, tentu kita takkan menemukan karakter huruf yang diatasnya ada tanda stripnya atau dengan kata lain di huruf yang bersangkutan ada sebuah garis tepat berada diatas huruf tersebut. 

Namun meski demikian, sering kali diantara kita terkadang membaca atau menemukan beberapa artikel yang didalamnya terdapat sebuah huruf yang tidak lazim seperti yang kita ketahui. Misalnya seperti huruf Ā, ā, ī, ū, ō, dan lain-lain.

Biasanya kumpulan abjad ini digunakan pada kata-kata yang mempunyai penulisan yang sama (hampir mirip) dengan kosakata bahasa Indonesia namun aksen (logat)-nya berbeda. Terutama yang paling sering kita temukan terdapat pada artikel yang didalamnya membahas tentang agama Islam atau dengan kata lain berhubungan dengan Bahasa Arab.

Misalnya kata Afdhal harus di tulis Afdhāl, Hal harus di tulis Hāl, Maqam harus di tulis menjadi Maqām, Abdal ditulis Abdāl. Begiulah seterusnya.

Namun ketika kita mau menulis sendiri dengan menggunakan huruf-huruf unik itu, kita merasa kebingungan. Sebab ketika kita mau mengetik abjad yang dimaksud, disana kita takkan menemukan apa yang dicarinya. Sampai kapanpun rasanya kita takkan bisa menemukannya Meski itu dicari secara teliti satu persatu. 

Kenapa demikian? Karena secara standart abjad-abjad unik itu memang tidak terpasang/terdaftar didalam sebuah keyboard.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menulis huruf yang diatasnya bisa dikasih tanda strip? Jawabannya adalah kita harus menggunakan Shortcut atau Jalan pintas. 

Sebab untuk menuliskan karakter khusus seperti ā, ī, ū, ō, dan lain-lain memang membutuhkan perhatian khusus, terutama ketika mau membuat shortcut-nya.

Berikut Rumus Untuk Menulis Huruf Vokal dengan Strip Atas di Word:

Ā = ketik 0100 lalu disorot (block), tekan Alt dan x secara bersamaan.

ā = ketik 0101 lalu disorot (block), tekan Alt dan x secara bersamaan.

Untuk opsi-opsi yang lain (dibawah ini) sama dengan yang saya jelaskan diatas. Jadi tinggal disesuaikan saja. 

Ī = 012a, dan seterusnya.

ī = 012b, dan seterusnya.

Ū = 016a, dan seterusnya.

ū = 016b, dan seterusnya.

Ē = 0112, dan seterusnya.

ē = 0113, dan seterusnya.

Ō = 014c, dan seterusnya.

ō = 014d, dan seterusnya.

Selain itu, ada juga shortcut lainnya, beberapa di antaranya seperti tabel di bawah ini.

Perlu diketahui bersama bahwa Di dalam menu Word 2007, fitur ini bernama “LATIN CAPITAL/SMALL LETTER WITH MACRON”

Sumber Referensi:
https://perspektika.wordpress.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter