Saat-Saat Mendatangi Masjid dan Jeleknya Bepergian Pada Malam Jumat



Saat yang pertama hingga naiknya matahari, yang kedua hingga matahari meninggi, yang ketiga hingga matahari meluas, yang keempat dan kelima setelah waktu Dhuha tertinggi hingga matahari tergelincir. Hendaknya seseorang tidak melangkahi leher orang lain dan tidak lewat dihadapan mereka.

Hendaknya duduk di suatu tempat yang mana orang tidak lewat di depannya dan mencari saf pertama. Apabila selesai dari Shalat, hendaknya ia banyak berzikir dan memperhatikan dengan baik waktu khusus yang terdapat di hari Jumat. Juga hendaknya ia perbanyak ucapan sholawat atas Rosulullah Saw.

Nabi Saw bersabda: “ perbanyaklah shalawat dimalam yang cermerlang dan hari yang cemerlang”, yakni hari Jumat dan malamnya. Dianjurkan mengeluarkan sedekah di hari ini secara khusus dan dianjurkan tidak duduk bila masuk masjid sebelum shalat 4 rakaat dengan membaca “Qul huwallahu Ahad” sebanyak 200 kali.

Jika seseorang mampu menjadika hari Jumat bagi akhirat, maka janganlah ia sibuk mengerjakan urusan dunia, karena Jum’at itu menjadi tebusan bagi dosa-dosa diantara dua Jum’at.

Diriwayatkan: Barangsiapa bepergian dimalam Jum’at, dua malaikat mendo’akan keburukan baginya dan diharamkan bepergian setelah terbit fajar, kecuali bila ditinggal rombongannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel