Cara Membuat File PDF Di HP Android


Madurace.com - Jika di tinjau dari segi istilah dan pengertiannya saya sendiri tidak tahu apa sebenarnya PDF itu?! Tapi kalau merujuk pada isi dan bentuknya saya tahu file tersebut apa. Yang jelas file yang dimaksud adalah sebuah dokumen yang hanya bisa dibuka oleh beberapa software dan aplikasi-aplikasi tertentu.

Menurut Wikipedia, PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Nah, kalau kita cermati dari pengertian diatas, itu sangat jelas bahwa sebuah file PDF dapat dibuat melalui software yang bernama Adobe. Sebuah merk/perusahaan yang bergerak didalam perangkat lunak yang kepopulerannya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer/PC dunia.

Kalaupun ada pengguna PC / Laptop yang tidak tahu tentang keberadaan software besutan Adobe ini, saya yakin orang tersebut hanya menggunakan perangkatnya sebagai hiasan belaka. Tidak pernah di hidupkan atau dibuka. Sekalipun dibuka mungkin hanya sekedar untuk memutar musik dan bermain game. Habis itu, perangkat langsung di shutdown (PC/Laptop dimatikan secara total).

Bagaimana tidak, hampir seluruh Komputer sudah terinstall yang namanya software buatan dari perusahaan Adobe. Sehingga pengguna ketika ingin membuka file yang berbentuk format PDF , maka file tersebut setelah di klik langsung terbuka. Begitu pula untuk cara pembuatannya, pengguna diwajibkan untuk membuatnya melalui software dengan lisensi yang sama yaitu Adobe Reader.

Sebenarnya Saya sendiri tidak tahu apakah software Adobe yang terinstall di dalam sebuah laptop/PC itu murni bawaan dari pabrik atau bukan? Yang jelas ketika saya meminjam sebuah laptop/PC untuk membuka atau membuat sebuah dokumen yang berformat PDF, disana saya tinggal langsung mengoperasikannya saja tanpa harus menginstall perangkat-perangkat lunak yang lain.

Jadi kalau kita mau membaca atau ingin membuat file yang berekstensi PDF melalui Komputer, rasanya sudah tidak ada masalah sama sekali untuk kita.

Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kalau kita tidak mempunyai PC/Laptop? Apakah kita bisa membuat file PDF dari perangkat lain? Misalnya melalui smartphone Android.

Jawabannya tentu bisa! Karena fungsi dari laptop itu sendiri sekarang hampir 100% bisa di terapkan melalui ponsel pintar yang satu ini. Dan saya sendiri sering membuatnya tanpa ada bantuan sedikitpun dari komputer.

Waktu itu saya membuatnya pada saat ingin melamar sebuah pekerjaan yang pendaftarannya dilakukan secara online. Ketika ingin mengirimkan berkas-berkas persyaratannya seperti Ijazah, Transkrip Nilai, KTP dan lain-lain semuanya di tolak oleh sistem. Alasannya karena file yang saya upload tadi bukanlah berformat PDF melainkan berstatus JPG/Jpeg. (Kebetulan berkas-berkas yang ingin saya kirimkan tersebut semuanya hasil jepretan ponsel). 

Singkat cerita akhirnya saya langsung ubah semua berkas foto tersebut kedalam format PDF dengan bantuan aplikasi yang saya ambil didalam gudang Play Store. Kemudian hasilnya saya coba upload kembali, dan alhamdulillah berhasil alias diterima oleh sistem.

Berikut Cara Membuat File PDF Menggunakan HP Android.

1). Pertama-tama kalian install dulu aplikasi yang bernama Doc Scanner di Android agan (apk bisa diambil melalui Play Store).

2). Kemudian jika alat tempurnya sudah terinstall, sekarang buka aplikasinya. 

3). Setelah terbuka, tugas kalian sekarang klik icon Galery (pojok kanan atas) seperti gambar dibawah ini. Setelah itu kalian akan dibawa ke tempat penyimpanan gambar seperti Galery, album dan semacamnya. 

4). Jika sudah, sekarang pilih gambar/foto yang ingin dijadikan PDF. Kemudian atur Kecerahan dan warna sesuai yang di inginkan. Jika sudah dirasa cukup, sekarang klik icon Centang (letaknya pojok kanan atas).

5). Habis itu kalian akan dibawa lagi ke halaman depan Doc Scanner (Disana kalian akan mendapati gambar/foto yang kalian edit tadi, tapi formatnya masih belum menjadi PDF). Untuk mengubahnya kalian klik tanda Titik Tiga kemudian akan muncul jendela baru dan pilih Simpan Sebagai PDF

6). Selesai...!!! 

Catatan Penting! 

* Untuk mempermudah pencarian ketika sewaktu-waktu file dibutuhkan atau mau di upload kedalam situs, silahkan diubah dulu nama file. Caranya persis seperti langkah-langkah yang ada di point lima (5) kemudian Ganti Nama. 

** Jika file yang baru dibuat tadi ketika mau di upload tidak terbaca oleh sistem (maksudnya file tidak ditemukan/tidak muncul) silahkan bagikan dulu file PDF tersebut ke Whatsapp (WA). Setelah itu Download lagi filenya. Nah, file yang di download inilah yang nantinya kalian upload ke dalam situs.

Bagikan jika bermanfaat