Cara Membuat Wallpaper Dari Video Agar Tampilan Layar HP Bisa Bergerak


Madurace.com - Sudah diketahui bersama bahwa setiap orang yang mempunyai telpon genggam seluler (handphone) pasti di layar depan ponselnya kebanyakan pengguna menggunakan gambar atau foto-foto tertentu sebagai wallpapernya. Entah itu gambar yang berasal dari bawaan ponsel itu sendiri maupun foto dari hasil jepretan kameranya sendiri ataupun foto/gambar hasil kiriman dari gadget orang lain.

Semuanya berlaku pada setiap handphone yang beredar dipasaran  yang kita gunakan saat ini. Baik itu ponsel yang berstatus jadul maupun ponsel yang mempunyai status smartphone berpredikat tinggi. Semuanya sudah lumrah dan valid kalau di tampilan layar depan ponsel (wallpaper) yang bersangkutan bisa digonta-ganti sesuai dengan keinginan pengguna. 

Hal itu tidak lepas karena ketika pengguna memasang gambar dan foto-foto tertentu dihati para pengguna mempunyai nilai tersendiri dibandingkan dengan wallpaper dari bawaan ponsel yang sifatnya standart. Terlebih gambar tersebut mengandung nilai yang sangat berarti di hati pengguna, tentu itu akan menjadi penilaian lebih dibandingkan dengan gambar-gambar yang lain.

Misalnya gambar atau foto orang yang sangat di cintai, foto artis yang paling ia idolakan (ngefans) , gambar para pemain sepak bola, MotoGP dan lain sebagainya. Semuanya tinggal pengguna ubah wallpapernya sesuai dengan pilihannya sendiri tanpa ada kendala sedikitpun.

Namun yang jadi pertanyaan sekarang adalah Bisakah di Wallpaper ponsel itu di kasih video agar ketika kita menatap layar depan ponsel bisa bergerak?

Jawabannya! bisa tidak, bisa iya! Kalau ponsel yang bersangkutan berstatus jadul, misalnya berjalan di system Java,  Symbian, BlackBerry, dan Android versi 2 kebawah maka jawabannya sudah pasti tidak bisa. Akan tetapi apabila ponsel yang bersangkutan berstatus smartphone yang berjalan di OS Android seperti yang kalian sedang pegang saat ini, misalnya versi JellyBean keatas maka jawabannya "Bisa". Dengan catatan harus memenuhi beberapa syarat atau jurus yang kalian penuhi.

Kalau tidak, ya percuma kalian mempunyai smartphone Android. Karena Sampai kapanpun kalau syaratnya belum dipenuhi wallpaper ponselnya tidak akan bergerak. Jadi untuk membuat wallpaper yang berasal dari video itu ada trik-trik tertentu yang harus kita penuhi, bukan langsung main pancal saja. Kalau mau main pancal saja, mungkin sudah dari dulu kita memasang video-video yang kita sukai ke layar depan ponsel.

Tapi, berhubung didalam ponsel tersebut tidak ada pengaturannya, ya terpaksa video yang kita miliki dan sukai itu selalu di tampung didalam galery.

Lalu bagaiamana caranya agar video-video itu tidak selalu ngumpet didalam galery dan bisa di buat sebagai wallpaper? Caranya sangat gampang gan! Yang penting kalian sudah memenuhi syarat-syaratnya.

Apa saja syaratnya? Syarat pertama adalah perangkat android, kedua video yang akan dijadikan wallpaper, ketiga aplikasi video hiburan tiktok dan ke empat atau yang terakhir adalah foto live tiktok. Yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengabadikan video menjadi wallpaper.

Nah jika kalian sudah mempunyai ke empat syarat itu tadi, maka sekarang kalian bisa mencoba atau mempraktekan bagaimana cara membuat tampilan layar depan ponsel anda bisa bergerak (bisa dikasih video). 

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama-sama dan simak step by stepnya satu persatu secara seksama agar nantinya apa yang kita garap ini tidak mendapati/mengalami kegagalan. Berikut langkah-langkahnya:

1). Pertama install dulu kedua aplikasi yang telah saya sebutkan barusan itu melalui Play Store (ingat, ada dua aplikasi ya, yaitu Tiktok dan Foto Live Tiktok). 

2). Jika sudah, sekarang buka aplikasi Tiktok dan buat akunnya disana (dicoba tidak usah membuat akun dulu siapa tahu bisa, tapi kalau sekiranya nanti pas mau upload videonya gagal, boleh membuat akunnya).

3). Setelah kalian sudah berada didalam beranda Tiktok, sekarang upload video kesukaan kalian yang ingin dijadikan wallpaper. Caranya klik tanda Plus seperti gambar dibawah ini kemudian pilih Unggah maka kalian akan dibawa ke tempat penyimpanan video (Galeri).

4). Kemudian jika videonya sudah ketemu, sekarang tap atau klik video tersebut untuk di upload ke TikTok.

5). Selanjutnya pilih Lanjut setelah itu pilih Lanjut sekali lagi.

6). Jika video sudah di upload, sekarang tinggal kasih judul tepat dikolom seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Kalau sudah, silahkan pilih Posting.

(tunggu sampai proses pengupload-an selesai hingga 100%, biasanya pada tahap ini membutuhkan waktu yang agak lumayan lama. Tergantung kualitas multitasking dan kecepatan data internet ponsel yang bersangkutan).

7). Nah, kalau langkah 1 sampai 6 sudah di lewati semua (video sudah berhasil di upload), maka tugas kalian selanjutnya adalah mencari video yang kalian upload tadi. Letaknya ada didalam akun kalian sendiri. Caranya klik logo/simbol Orang yang ada dipojok kanan bawah beranda seperti yang tampak pada gambar ini (silahkan fokus pada tanda panah yang berwarna merah, jangan sama orang yang pake kerudung merah). Kemudian jika sudah di klik, kalian akan dibawa kedalam beranda akun, lalu silahkan tap/klik videonya.

8). Kemudian langkah selanjutnya pilih tanda Titik Tiga / Tanda Panah.

(kalau video yang ingin dijadikan wallpapernya milik kita sendiri, maka muncul tanda titik Tiga. Akan Tetapi jika yang mau dijadikan wallpaper itu video milik orang lain maka yang muncul tanda Panah) 

9). Setelah di klik tanda Titik Tiga / tanda Panah, maka kalian akan mendapati jendela baru seperti gambar dibawah ini. Maka tugas kalian disini adalah menggulir layar ponsel agan ke kiri kemudian pilih Foto Live. Dan tunggu hingga proses foto live berhasil disimpan. Selesai. 

10). Terakhir, tugas anda sekarang adalah keluar dari aplikasi TikTok kemudian cek hasilnya di wallpaper. Dan Taraaaaaa.... Layar depan ponsel Android anda bisa bergerak!!! Selamat dan sukses

Bagikan jika bermanfaat