Cara Membuka File XLSX di HP Android


Madurace.com - Dalam beberapa hari ini saya di kejutkan dengan adanya sebuah file yang beredar di Messenger Whatsapp. Di dalam jejaring sosial media yang berjenis Messenger tersebut ada salah satu teman yang mengirimkan surat edaran yang ada kaitannya dengan profesi saya.

Namun sialnya ketika file itu saya klik langsung melalui ponsel (WA) ternyata tidak bisa dibuka dan ada sebuah notifikasi yang muncul hanya sekilas bahwa gadget yang saya gunakan tidak support dengan file tersebut. 

Usut punya usut akhirnya saya mengecek ekstensi dari file itu tadi. Ternyata setelah saya cek, filenya bukan yang sering saya lihat di Whatsapp layaknya seperti file yang sudah dibungkus kedalam format berbentuk PDF, Doc, HTML dan semacamnya. Tidak! Ternyata file tersebut mempunyai ekstensi atau format yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya yaitu XLSX.

Bingung kan file yang berformat XLSX itu apaan? Sama! saya juga bingung file itu jenis apaan. Yang jelas semua aplikasi yang ada didalam ponsel android yang saya gunakan ini tidak ada satupun yang work untuk membukanya. Begitu pula di ponsel milik teman saya juga tidak bisa dibuka.

Ia bertanya kepada saya tentang isi file itu. Katanya di ponsel android miliknya tidak bisa membuka file yang dikirim oleh atasan melalui group whatsapp itu.

Dengan nada sinis sambil bercanda saya bilang kepadanya bahwa file yang bersangkutan memang tidak bisa dibuka melalui ponsel Android kelas menengah kebawah yang mempunyai kapasitas RAM 500 Mb dan 1 Gb. Yang bisa membukanya hanya smartphone yang sudah punya RAM 2 Gb keatas.

Temanku percaya saja apa yang saya katakan karena memang pada kenyataannya ponsel android teman-teman yang lain yang rata-rata memliki smartphone rilisan terbaru bisa semua. Sedangkan ponsel yang ia miliki kebetulan versi android jadul yang menurut saya kurang baik untuk digunakan pada masa kini.

Lantas apakah tidak bisa terbukanya file XLSX itu tadi disebabkan karena ponsel yang bersangkutan kurang mumpuni atau kurang tinggi kapasitas RAM dan versi Androidnya?

Jawabannya sudah tentu tidak!
Penyebab tidak terbukanya file tersebut karena didalam ponsel yang bersangkutan pihak pabrik tidak memasang aplikasi yang kompetible terhadap file itu sendiri. Sehingga ketika pengguna mengekliknya sistem tidak bisa merespon cuma bisa memberi pemberitahuan (notifikasi) kalau perangkat membutuhkan aplikasi tambahan.

Lalu aplikasi apakah gerangan yang bisa membuka file tersebut?

Banyak sekali aplikasi-aplikasi gratisan yang diciptakan oleh para pihak pengembang untuk bisa membuka file XLSX. Salah satunya adalah WPS Office dan Xodo Docs.

Kedua aplikasi diatas mempunyai fungsi yang hampir sama dalam membuka sebuah file dari berbagai format / ekstensi. Hampir semua file yang sebelumnya tidak bisa dibuka, akhirnya bisa terbuka setelah aplikasi tersebut terinstall kedalam android, termasuk file xlsx yang kita bahas ini.

Jadi, kalau pembaca mengalami hal yang sama seperti yang saya alami kala itu, maka teman-teman bisa menginstall aplikasi yang telah saya rekomendasikan diatas. Di jamin gratis. 

Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). Teman-teman tinggal cari aplikasinya melalui Play Store, kemudian kalau sudah ketemu langsung di install. 

2). Setelah terinstall didalam ponsel agan, sekarang tinggal buka file yang sebelumnya tidak bisa terbuka tadi. Habis itu file tersebut langsung terbuka. 

3). Selesai!!! Selamat anda telah berhasil membuka file XLSX melalui smartphone Android. 

Kesimpulannya! Inti dari permasalahan diatas bukan terletak pada kualitas dan versi perangkatnya melainkan murni akibat tidak ada aplikasi yang mendukung didalam android itu sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel