Iman Adalah Keteguhan Dan Keyakinan



Syaikh ‘Abdul Qadir Jailani RA Berkata: Rasulullah SAW telah bersabda; “Tinggalkanlah apa yang meragukanmu menuju apa-apa yang tidak meragukanmu.”

Apabila bergabung antara yang meragukan dan tidak, maka tinggalkanlah yang meragukan,lalu ambillah dengan sungguh-sungguh apa yang tidak meragukanmu.

Adapun jika hanya yang meragukan saja dan belum termasuk yang merusak hati, sebagaimana yang disebutkan dalam khabar (dari Nabi Saw.) “Dosa itu adalah segala sesuatu yang merusak hatimu”, maka berhentilah do situ dan tunggulah perintah batinmu.

Apabila datang perintah batin untuk mengambilnya, maka engkau ambil, dan jika datang larangan,maka tahanlah dirimu, dan anggaplah seolah tidak ada, dan kembali serta raihlah rizki di sisi Tuhanmu.

Apabila engkau tidak mampu untuk bersabar, melaksanakan, ridha ataupun fana’, maka bagi Allah SWT engkau tidak perlu mengungkapkannya, karena Allah tidak pernah lupa kepadamu maupun kepada yang lainnya.

Dia yang member rezeki orang kafir, munafik, dan orang-orang yang taat kepada-Nya, lalu bagaimana mungkin bisa melupakanmu. Wahai orang mukmin, yang selalu siap untuk taat kepada-Nya, dan yang selalu menunaikan perintah-Nya siang dan malam?

Ada makna lain dari ucapan Nabi saw: “Tinggalkanlah apa-apa yang meragukanmu, dan ambillah apa-apa yang meragukanmu,” yakni: tinggalkan apa yang ada di tangan orang dan jangan memintanya, hatimu jangan terpikat dengannya, dan jangan berharap maupun takut kepada makhluk, tetapi meminta dan takutlah hanya kepada Allah SWT. Karena, Dia tidak meragukanmu.

Jadikan bagimu hanya satu penanggung jawab, satu pemberi, satu yang diharapkan, satu yang ditakuti, dan hanya satu yang engkau perhatikan;

Dia-lah Allah Tuhanmu Yang menguasai kerajaan dengan kekuasaan-Nya, dan Yang menguasai hati semua makhluk, yang merupakan Raja yang menguasai jasad, semua harta makhluk semua milik-Nya, dan semua gerak-gerik makhluk adalah dengan izin, peintah dan laranan-Nya.

Allah SWT Berfirman: “… dan memohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya… “ (QS 4:32)

Dan firman-Nya: “Sesungguhnya yang engkau sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nyalah engkau akan dikembalikan.” (QS 29:17).

Dan Firman-Nya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku.” (QS 2:186)

Dan firman-Nya: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS 40:60). Dan firman-Nya: “Sesungguhnya Allah, Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi sangat kokoh.” (QS 51:58). Dan firman-Nya: “Sesungguhnya Allah member rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa perhitungan.” (QS 3:37)


Source Image: uce-coratcoret.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel