Kenapa Allah Tidak Menampakkan Wujud Aslinya Kepada Makhluk-NYA


Pertanyaan:
Kami ingin penjelasan yang lebih luas tentang mengapa Allah SWT itu tidak menampakkan Dzat/wujud yang sebenarnya kepada makhluk-Nya?

Jawaban:
Sebenarnya hakikat dari Dzat Allah itu wajib bersifat Mukhálafah lil-Hawádits, yang berarti Dzat Allah tidak menyamai kepada Hawádits/zat yang lainnya. Jadi Dzat Allah SWT tidak bisa diketahui dengan secara hakikat, apalagi dilihat. Begitu juga sifat-sifat-Nya tidak bisa diketahui secara hakikatnya.

Seperti kita mengetahui bahwa Allah SWT adalah Wujud dan Maha Mengetahui, tapi mengenai hakikat wujud dan ilmu-Nya tidak bisa kita ketahui. Sebab, hakikat wujud dan ilmu-Nya tidak sama dengan hakikat-hakikat wujud dan ilmu yang lain.

Beda dengan wujudnya manusia, kita bisa mengetahui bahwa wujudnya Zaid dari nutfah (sperma) yang diproses dalam rahim ibunya, lalu dilahirkan berupa bayi. Jadi, wujudnya mulai dari lahir dan seterusnya dapat kita ketahui.

Ada cerita bahwa nabi Musa a.s pernah melihat Núr Allah lalu beliau langsung pingsan lantaran tidak kuat memandangnya. Kalau melihat Núr-Nya saja tidak kuat apalagi kepada Dzat-Nya.

Wal-Láhu a’lam bish-shawab

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Ahmad Qusyairi (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: amunisihijrah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel