Antara Meminta dan Pasrah


Pertanyaan:
Apa yang kita miliki harus kita syukuri, lalu apakah kalau meminta kepada Allah SWT yang lebih sempurna tidak su’ul-adab? Dan apakah tidak termasuk orang yang mensyukuri nikmat Allah? Memang kita di suruh berdo’a tapi dalam segi/hal apa?

Jawaban:
Berdo’a itu adalah meminta. Jadi, orang yang berdo’a berarti melaksanakan ibadah dan perintah Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan al-Tarmidzi, Abu Dawud, DLL. “Ad-du’á’huwal –‘ibádah” yang artinya berdoa adalah ibadah.

Dalam al-Quran juga disebutkan yang artinya, “Dan Tuhanmu berfirman, berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu.” (QS. Gháffir 40:60).

Dan lagi, dengan berdo’a akan semakin jelas bahwa kita sangat butuh kepada Allah SWT. Karenanya, sebaiknya berdo’a itu dikarenakan melaksanakan perintah, bukan karena mengharapkan balasan dari-Nya. Jadi, melaksanakan perintah (berdoa) adalah bentuk syukur yang perlu disyukuri.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara M. Asad, (Bondowoso) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: LUPA.com


Bagikan jika bermanfaat