Apa Bedanya Kalimat "ALLAH" dan "RABB"?



PERTANYAAN 1
Di dalam al-Qur’an terdapat kalimat “Allah” dan “Rabbi”. Apa bedanya kalimat “Allah” dan “Rabbi”. Syukron

Jawaban:
“Allah” adalah nama dari Dzat yang wajib wujud, yang menciptakan alam semuanya, Tuhan yang berhak disembah. Sedangkan “Rabb” adalah salah satu sifat dari sifat-sifat Allah SWT.

Jadi, “Alláhu Rabbi” artinya adalah Allah yang memelihara, mengatur, menata, dan mendidik kepada kita dan seterusnya.

Pertanyaan 2
Saya ingin tahu, Allah SWT kan tidak boleh bersifatan besar dan kecil, tapi mengapa dalam shalat kita mengucapkan “Alláhu Akbar”?.

Jawaban:
Allah SWT tidak bersifat besar atau kecil, karena sifat besar dan kecil adalah milik jirm/jism (benda), sedangkan Allah SWT bukan jirm/jism, melainkan Allah adalah Dzat Yang Maha Suci dari perkara yang butuh pada tempat. Sedangkan Jirm/jism pasti membutuhkan tempat.

Mushalli (orang yang salat) mengucapkan “Alláhu Akbar” antara lain artinya:

1). Alláhu Akbar: Allah Maha Besar kekuasaan-Nya, kekayaan-Nya, kehendak-Nya, sehingga tidak ada yang menandingi-Nya.

2). Alláhu Akbar: Allah Maha Suci dari jangkauan akal makhluk.

3). Alláhu Akbar: Allah Maha Besar, Maha tinggi, Maha Suci (tidak butuh) dari ibadah dan syukur seorang hamba (tindakan, ungkapan atau rasa syukur seorang hamba tidak bisa mengimbangi nikmat yang Allah berikan).

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Zainurrahman dan Mahsus Ridwan (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: islamidia.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter