Apa Makna Dari Syahadatain dan Penjelasan Dari Ayat Fi Sittati Ayyam


Pertanyaan1:
Assalamualaikum War. Wab.
Bapak Kiai yang terhormat, sebenarnya makna dan hakikat dari kalimat dua syahadat itu apa?

Jawaban
Makna dari syahadat yang pertama ialah mengetahui dan meyakini serta percaya dengan penuh kemantapan bahwa yang berhak disembah hanya Allah SWT semata. Sedangkan makna syahadat kedua adalah tahu dan yakin serta percaya bahwa Nabi Muhammad SAW itu hamba Allah SWT yang diutus untuk menyampaikan risalah kepada semua makhluk.

PERTANYAAN2:
Dalam al-Qur’an surah as-Sajdah Allah SWT berfirman bahwasanya Allah SWT menciptakan langit dan bumi beserta isinya fi sittati ayyámin, dalam surah Yasin Allah SWT berfirman : “idza aráda syai’an an-yaqula lahú kun fayakún “. Mohon penjelasannya mengenai dua ayat tersebut, karena menurut kami  dua ayat tersebut agak bertentangan.

Jawaban
Sebetulnya bila Allah berkehendak menciptakan sesuatu maka Allah SWT tinggal memerintah barang itu untuk wujud (ada), seperti  yang diterangkan dalam surat Yasin. Namun Allah SWT perlu memberi pelajaran (hikmah)kepada makhluk-Nya, bahwa dalam penciptaan dan pengadaan sesuatu itu perlu proses dan tidak terburu-buru.

Allah SWT menciptakan langit dan bumi dalam waktu enam hari seperti yang dijelaskan dalam surat as-Sajdah . Dan, kata ‘’ayyám’’ dalam ayat itu bukan bermakna hari seperti yang kita ketahui, karena sebelum diciptakannya bumi dan langit, tidak ada malam dan siang.

Bakan,  Allah SWT merancang dan mempersiapkan penciptaan bumi,  langit, dan isinya selama seribu tahun . Semua itu adalah pembelajaran bagi makhluk- Nya bahwa dalam pembuatan sesuatu diperlukan proses dan perencanaan matang.

Lihat’ Tafsír al-munír’ 21-22/ 189 dan 23-24/58.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Rozi dan Moch. Zaiyadi (Bondowoso) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: kumparan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel