Apakah Ada Hubungannya Antara Salat Istikharah Dengan Jodoh?



Pertanyaan:
Suatu saat saya pernah melakukan salat Istikharah tentang gadis yang saya kenal dekat, gadis itupun melakukan hal yang sama. Kami mendapat hal baik melalui mimpi kami, itu berulang-ulang sampai beberapa bulan. Tapi pada kenyataannya kami tidak berjodoh! Kami minta penjelasan tentang Istikharah.

Jawaban:
Salat Istikharah bukanlah disyariatkan islam untuk mencari jodoh. Namun salat Istikharah itu untuk ikhtiar dan meminta petunjuk dari Allah SWT tentang urusan yang akan di tempuh.

Jadi mengerjakan salat Istikharah tidak ada kaitannya dengan urusan jodoh, sebab jodoh di tangan (urusan) Allah SWT. Dan salat Istikharah bukanlah upaya untuk mencari jodoh, namun untuk ikhtiar meminta yang terbaik dari Allah bagi kita. Untuk mempercepat mendapat jodoh, bisa dengan salat Hajat dan bermunajat kepada Allah SWT.

GLOSARIUM:

Salat Istikharah (Arab: صلاة_الاستخارة ) adalah salat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Wafi (Bondowoso) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: bincangsyariah.com

Bagikan jika bermanfaat