Apakah Alam Diciptakan Karena Nabi Muhammad?



Pertanyaan
Saya isykal dengan hadis :

لَوْلاَكَ لَوْلاَكَ لَمَا خَلَقْتُ الْأفْلَاكَ
“Laulaaka Laulaaka lamaa kholaktul-aflaaka”

Apakah Allah SWT menjadikan sesuatu itu ada sebab?

Jawaban
Allah SWT menciptakan segala sesuatu tidak dengan sebab atau ‘illat. Karena Allah SWT berbuat sehendak-Nya tanpa ada yang melatarbelakanginya. Sementara jika dikaitkan dengan hadis Qudsi di atas, bukan berarti Allah SWT menciptakan bumi dan isinya karena Nabi Muhammad SAW .

Bahkan Hadis Qudsi itu menggambarkan betapa besar maqám dan kedudukan Nabi Muhammad  SAW di sisi Allah SWT, sebagaimana dikatakan as-Sayid Muhammad Syatha ad-Dimyathi bahwa Hadis Qudsi di atas membuktikan kebesaran Nabi SAW, dan “Nabi Muhammad SAW adalah asal dari seluruh mahkluk di dunia ini“ bukanlah berupa ‘illat atau penyebab diciptakannya mahkluk.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Tafsir as-Sáwí, bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan melalui núr (cahaya kesucian ) Nabi Muhammad SAW.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Junaedy al-Aziz (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: hatisenang.com

Bagikan jika bermanfaat