Apakah Bagi Orang Mukalaf Wajib Mengetahui Nama-Nama Nabi Dan Urutannya?


Pertanyaan:
Mengetahui 25 nabi itu wajib hukumnya, apakah kewajiban tersebut harus hafal/mengetahui nama-nama nabi saja atau dengan nomor urutan masing-masing?

Jawaban:
Bagi orang mukalaf, memang wajib mengetahui atau beriktikad bahwa nabi yang jumlahnya 25 orang adalah utusan Allah SWT. Yang dimaksud mengetahui disini adalah, umpama ditanya, “ Siapa Sulaiman Bin Dawud, Isa bin Maryam, dan Muhammad bin Abdullah?” maka bisa menjawab bahwa mereka adalah Nabi Allah SWT dan utusan-Nya. Tidak diwajibkan mengetahui dengan nomor urutannya masing-masing. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Fathul’Allám Syarh Mursyidi-Anám.

Pertanyaan 2:
Bagaimana hukumnya  manusia yang mengagungkan manusia atau mengandalkan manusia?

kita diwajibkan menghormati dan tidak menyakiti orang lain, tetapi kalau menghormati dan mengagungkan orang lain melampaui batas, maka tidak boleh, bahkan bisa sampai haram, seperti mengagungkan manusia sampai lupa bahwa itu orang tuanya atau gurunya, misalnya, dan isráf (berlebihan).

Juga bisa kufur atau murtad kalau mengagungkan manusia sampai menganggap bahwa manusia yang diagungkan itu pangkatnya melebihi Allah SWT atau melebihi utusan-Nya. Wa minar-riddah tafdhílul-awliyá’ álal-‘ánbiyá (termasuk perbuatan yang berakibat murtad adalah mengutamakan para wali di atas para nabi). Dan Allah SWT yang mengetahui kebenaran itu.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Spevi (Pasuruan) dan H. Muhammad Syakur (Lumajang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: pulsk.com

Bagikan jika bermanfaat