Apakah Benar Imam Sibawaih Keramat Karena Ilmu Nahwu?


Petanyaan:
Apa benar Imam Sibawaih mendapat kekeramatan dari Allah SWT karena Ilmu Nahwu?

Jawaban:
Memang ada keterangan yang menjelaskan Imam Sibawaih mendapat kekeramatan yang agung dari Allah SWT lantaran ilmu Nahwu. Hal itu karena beliau menyatakan: “Ismuhu ta’ala a’raful-Ma’arif” (atau isin yang paling makrifah adalah Asma Allah SWT).

Konon, ada seorang ulama yang bermimpi bertemu dengan Imam Sibawaih, lalu beliau bercerita: “Aku mendapat kemuliaan yang agung karena kepercayaanku: isim yang paling makrifah adalah Asma Allah SWT.”

Pertanyaan:
(40 tahun dalam hukum zina)
Saya mau bertanya, hukumnya zina itu haram dan dosanya itu selama 40 Tahun, juga tidak akan mendapat pahala selama 40 tahun. Dari mana orang bisa menentukan 40 tahun itu, padahal dia bukan Tuhan?

Jawaban:
Untuk tahu hukuman orang yang melakukan dosa besar seperti zina dan ainnya, biasanya dari al-Qur’an dan Hadis, seperti juga kita tahu kejadian yang akan dialami manusia di akhirat. Semuanya dari al-Qur’an dan Hadis.

Sedangkan hukuman akibat yang ditimbulkan sebab melakukan zina itu sebagian diterangkan dalam hadis. Di dalam Kitab Lubabu-Hadis disebutkan bahwa perbuatan zina satu kali bisa menghapus amal ibadah 70 Tahun.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Fadillah (Pasuruan) dan Arif Rahman Hakim dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: darunnuhat.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel