Apakah Iblis Yang Diperintah Bersujud Kepada Nabi Adam Itu Termasuk Malaikat?

Ilustrasi Iblis

Pertanyaan:
Sebagian ulama menyebutkan bahwa Iblis itu termasuk golongan Malaikat, dengan hujah bahwa yang diperintah sujud (menghormat) kepada Nabi Adam AS adalah Malaikat.Tidak ada keterangan yang menunjukkan akan adanya jenis makhluk lain yang diperintah sujud saat itu.

Kalau memang Iblis itu malaikat, kenapa dia kok durhaka kepada Allah SWT, padahal di dalam al-Qur’an disebutkan bahwa malaikat itu tidak pernah melanggar perintah Allah SWT dan selalu melakukan apa saja yang diperintahkan kepada mereka. Syukron atas penjelasannya.

Jawaban:

Mengenai persoalan itu apakah Iblis itu termasuk jenis malaikat atau bukan, memang masih terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Imam an-Nawawi termasuk yang berpendapat bahwa Iblis itu termasuk jenis malaikat, dan Iblis durhaka kepada perintah Allah SWT, tidak mau sujud kepada Nabi Adam AS.

Pernyataan Imam Nawawi ini masih mengandung tanda Tanya seperti yang saudara ungkapkan. Jawabannya adalah: malaikat itu tidak pernah membangkang kepada perintah Allah SWT atau ma’shúm, jika Allah SWT menetapkan sifat kemalaikatan pada diri mereka. Jika sifat kemalaikatan itu sudah dilepas, maka ia sudah tidak ma’shúm lagi. Wal-Láhu a’lam bish-shawáb

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Mahmudi (Bondowo) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: bengkulutoday.com

Bagikan jika bermanfaat