Apakah Kalau Ikut Tarekat Salatnya Cukup Dengan Niat Saja?



Pertanyaan:
Apa benar kalau masuk dalam aliran tarekat itu walaupun tidak mengerjakan salat, maka tidak apa-apa, cukup dengan niat dan berdzikir saja? Mohon penjelasannya.

Jawaban:
Dalam ajaran tháriqah mu’tabarah (tarekat yang boleh diikuti) tidak ada yang membenarkan seseorang meninggalkan salat. Sebab tarekat ini adalah sebuah jalan untuk bisa sampai kepada Allah SWT dan mendapat ridha-Nya. Jadi, kalau tidak mengerjakan salat, maka sudah tentu menyimpang dari ajaran syariat.

Dan lagi, salat adalah tolok ukur amal seorang hamba. Jika salat baik, maka bisa dipastikan seluruh amalnya juga akan baik. Dan jika salatnya tidak baik, maka seluruh amalnya bisa  dipastikan tidak baik juga. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak salat? Jelas tidak baik dan tidak ada baiknya sama sekali.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Moch. Misbah,(Muncar, Banyuwangi) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: liputanaceh.com


Bagikan jika bermanfaat