Apakah Memakai Azimat Bisa Menyebabkan Kufur?


Pertanyaan:
Kita sudah maklum bahwasanya orang bepergian, orang jualan, banyak yang pakai azimat, pusaka, batu permata, dan semacamnya. Bagaimana pandangan ilmu tauhid dan tasawuf mengenai hal ini?

Jawaban:
Semua makhluk_termasuk azimat, makanan, dan obat-obatan_kalau diyakini mempunyai kemampuan/kekuatan, maka bisa menyebabkan kufur. Namun kalau meyakini bahwa Allah SWT yang mempunyai kekuasaan memberi pengaruh, dan pengaruh itu bersamaan dengan makhluk tadi, maka tidak menyebabkan kufur.

Sebagai contoh, Allah SWT mengenyangkan seseorang bersamaan dengan orang itu memakan makanan; Allah memberi selamat pada orang bersamaan dengan orang itu memakai azimat; dan seterusnya.

Namun memang ada bedanya antara makanan dan azimat, karena makanan itu sunnatullah yang muhaqqaq (jelas), sedangkan azimat adalah sunnatullah yang mauhĂșm (tidak jelas).

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Mu'adz NR, (Bangkalan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: youtube.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel