Apakah Nabi Khidir Benar-Benar Masih Hidup Sampai Sekarang?


Pertanyaan:
Apakah Nabi Khidir masih hidup sampai sekarang? Sebab dalam Al-Qur’an disebutkan, “Wamá ja’alna Libasyarin min qablika al-khuld” (Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu [Muhammad]).

Jawaban:
menurut kebanyakan ulama, Nabi KHIDIR AS sampai sekarang masih hidup dan akan meninggal pada akhir zaman. Kehidupan Nabi Khidir AS sampai sekarang tidak bertentangan dengan ayat di atas (QS. AL-Anbiyá’ [21]34).

Sebab arti ringkasan ayat di atas tersebut adalah, bahwa manusia yang ada pada masa sebelum Nabi Muhammad SAW (Arab) atau yang ada setelah Nabi tetap akan meninggal dunia, tidak akan kekal selamanya.

Bahkan pendapat yang menyatakan Nabi Khidir AS meninggal sebelum Nabi Muhammad SAW berdasarkan ayat ini adalah pendapat yang dhá’if (lemah). Keterangan ini diambiil dari tafsir al-Kházin.


Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Kholil Rozy (Bondowoso dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: mobvidz.com

Bagikan jika bermanfaat