Apakah Orang Yang Bertaklid Itu Kekal Di Neraka?



Pertanyaan:
Saya ingin penjelasan tentang orang yang bertaklid itu dihukumi kafir dan kekal di neraka. Namun menurut hadis Nabi SAW, orang yang meninggal dunia dalam keadaan Islam itu di jamin masuk Surga?

Jawaban:
Pendapat yang menyatakan bertaklid (berkeyakinan dengan tidak berdasarkan dalil) itu dihukumi kafir, namun ada sebagian ulama yang menyangkalnya dan tidak setuju dengan pendapat tersebut, sehingga mereka menyatakan orang taklid tetap dikatakan seorang yang beriman.

Hanya saja, jika dia ahli atau mampu untuk nazhar (merenung) namun tidak mau nazhar untuk mengetahui dalil (baik ijmál atau tafshíl), maka dianggap berdosa. Jika tidak mampu nazhar, maka tidak dosa.

Dari pendapat ini dapat disimpulkan, jika orang yang bertaklid meninggal dunia dalam keadaan Islam, maka akan dijamin masuk Surga, sesuai dengan hadis Nabi SAW “Barangsiapa pada akhir hayatnya terucap kalimat ‘Lá Iláha illál-Láh’, maka dijamin masuk Surga.”

Namun dikarenakan dia orang yang bertaklid (imannya hanya ikut-ikutan), maka masuk Surganya menunggu proses terlebih dahulu, yakni menerima sanksi akibat dia tidak nazhar. Maka pendapat ulama mutatakallimín dan hadis Nabi SAW tersebut sebenarnya saling mendukung dan saling melengkapi.

GLOSARIUM:
Taklid atau Taqlid (Arabتقليد) adalah mengikuti pendapat orang lain tanpa mengetahui sumber atau alasannya.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Qomaruddin (Pontianak) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: redaksiindonesia.com

Bagikan jika bermanfaat