Apakah Yang Dimaksud Dengan Syari'ah, Thariqah, Dan Haqiqah?


Pertanyaan:
Pertanyaan saya, apa yang dimaksud Syari’at, Thariqah, Haqiqah? Dan apa Tháriqah ini sama dengan Tháriqah yang banyak tersebar di Indonesia, seperti Thariqah Qadiriyah, Syadziliyah, Naqsabandiyah, dan lain sebagainya? Matur Nuwun

Jawaban:
Yang dimaksud Syari’ah adalah suatu tuntunan syariat agar selalu menyembah kepada Allah SWT sepanjang hidupnya. Sedangkan Thariqah adalah mengerjakan apa yang sudah disyari’atkan oleh Allah yang disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW.

Menurut as-Syekh al-Habib Abdullah bin ALWI al-Haddad Rahimahul-Lah Ta’ala, apa yang disyari’atkan Allah SWT dinamakan Syariat. Juga termasuk syariat, tahu apa-apa yang telah disyariatkan oleh Allah SWT. Sedangkan mengamalkan syariat itu disebut Thariqah. Dan hasil buah mengamalkan syariat Allah itu disebut Haqiqah.

Jadi kesimpulannya, syariat itu adalah perintah Allah SWT agar orang mukallaf menetapi dan melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Dan Thariqah adalah mengamalkan dan menjaga apa-apa yang disyariatkan atau dibebankan oleh Allah terhadap orang mukallaf tersebut.

Jadi, bukan termasuk thariqah (tarekat) yang berada di Indonesia secara khusus, meskipun juga masuk di dalamnya jika melihat Thariqah dalam pengertian secara umum.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Ikbal Rifqi (Malang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: contohdakwahislam.blogspot.com

Bagikan jika bermanfaat